Apa Itu Tampon dan Apa Bedanya dengan Pembalut Wanita Biasa?

| 28 Dec 2022 07:02
Apa Itu Tampon dan Apa Bedanya dengan Pembalut Wanita Biasa?
Tampon wanita (Unsplash)

ERA.id - Biasa digunakan wanita saat mengalami menstruasi, apa itu tampon? Lalu apa bedanya dengan pembalut yang biasa digunakan wanita modern? Bagus mana untuk kesehatan, antara tampon dan pembalut?

Apa Itu Tampon?

Secara umum tampon adalah produk kewanitaan yang digunakan untuk menyerap darah menstruasi. Tampon terbuat dari bahan yang disebut rayon atau poliester yang dikemas dalam bentuk silinder kecil yang dapat dimasukkan ke dalam vagina selama haid.

Tampon memiliki string yang terikat pada ujungnya yang digunakan untuk mengeluarkannya setelah digunakan. Tampon sangat praktis karena dapat digunakan selama aktivitas sehari-hari tanpa perlu mengganti terlalu sering. Namun, penting untuk mengganti tampon secara teratur agar tidak terjadi infeksi atau kekeringan vagina.

Apa Beda Pembalut dan Tampon?

pembalut wanita (Unsplash)
  1. Tampon vs Pembalut

Tampon adalah bantalan silinder yang dimasukkan ke dalam vagina Anda, sedangkan lembaran penyerap pad ditempelkan pada celana dalam Anda. Keduanya digunakan untuk menyerap darah menstruasi.

Kemudian pembalut lebih umum digunakan dibandingkan dengan tampon. Wanita dan anak perempuan lebih akrab dengan konsep menggunakan pembalut daripada tampon. Tampon masih mengintimidasi banyak wanita.

Baik tampon maupun pembalut aman digunakan jika digunakan dengan benar. Anda dapat memilih salah satunya tergantung pada tingkat kenyamanan dan aliran darah Anda.

  1. Mana yang lebih baik: Tampon atau Pembalut?

Apakah tampon lebih baik daripada pembalut, atau sebaliknya? Kami telah memaparkan beberapa poin untuk membuat pilihan yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan Anda, sebagai berikut:

Kelebihan Tampon Dibandingkan Pembalut

●        Ukuran tampon kecil

Salah satu keuntungan utama tampon dibandingkan pembalut adalah ukurannya. Tampon berukuran kecil dan ramah perjalanan dibandingkan dengan pembalut. Anda dapat memasukkan tampon bahkan ke dalam kopling atau saku Anda, dan Anda siap untuk pergi!

●        Anda dapat berenang dengan tampon

Pembalut tidak ramah untuk berenang. Seseorang tidak dapat berenang atau melakukan aktivitas air lainnya dengan memakai pembalut. Tampon mengungguli pembalut dan dapat digunakan secara bebas dalam kasus-kasus seperti itu.

●        Tampon tidak terlihat

Salah satu kekhawatiran utama wanita atau anak perempuan yang memakai pembalut adalah bahwa mereka terlihat di bawah pakaian ketat, dan terlihat lusuh. Dalam kondisi seperti itu, jika ada yang bertanya apakah tampon lebih baik daripada pembalut, Anda dapat memberitahu mereka bahwa itu bisa terjadi jika mereka mengenakan sesuatu yang ketat.

Kekurangan Tampon Dibandingkan Pembalut

●        Tampon menyebabkan kesulitan dalam pemasangan

Tidak seperti pembalut, memasukkan tampon bisa sangat menantang bagi beberapa wanita. Anda dapat mengikuti instruksi yang tertulis pada kotak atau menggunakan aplikator. Jika anda melakukannya untuk pertama kalinya, mungkin akan sulit bagi anda.

●        Tampon dapat menyebabkan iritasi vagina.

Tampon lebih mungkin mengiritasi daerah vagina Anda daripada pembalut. Ini dapat mengeringkan vagina Anda dengan cukup cepat. Biasanya, tidak disarankan untuk menggunakan tampon semalaman jika Anda merasa iritasi.

●        Tampon dapat menyebabkan risiko mengalami Sindrom Syok Beracun (TSS)

Tampon dapat menyebabkan kerusakan kolosal pada tubuh Anda dengan meningkatkan risiko terkena TSS. Ini adalah penyakit sporadis tetapi mengancam jiwa. Pada penyakit ini, bakteri yang tumbuh berlebihan di luar vagina Anda dapat menyebabkan infeksi.

Meskipun tampon banyak memiliki keunggulan, pembalut lebih disukai wanita ketika digunakan saat aliran menstruasi sedang deras. Selain itu, mengganti pad pembalut lebih mudah diatur daripada memasukkan tampon. Aliran yang deras memerlukan penggantian penyerap yang sering. Dalam kasus seperti itu, pad lebih disukai.

Selain apa itu tampon, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi