Apakah Asma Penyakit Keturunan dan Bagaimana Antisipasinya?

| 25 Jan 2023 16:25
Apakah Asma Penyakit Keturunan dan Bagaimana Antisipasinya?
Apakah asma penyakit keturunan (Freepik)

ERA.id - Asma adalah penyakit inflamasi saluran pernapasan yang dapat menyebabkan sesak napas, batuk, dan rasa sakit atau sesak di dada. Apa saja gejala dan  apakah asma penyakit keturunan? Mari cari tahu jawabannya.

Gejala asma dapat bervariasi dari ringan hingga berat dan dapat memburuk dalam waktu yang berbeda-beda. Beberapa faktor yang dapat memperburuk gejala asma meliputi infeksi saluran pernapasan, paparan debu atau asap rokok, dan perubahan cuaca atau lingkungan.

Asma dapat diobati dengan obat-obatan yang digunakan untuk mengeluarkan inflamasi saluran pernapasan dan mengurangi gejala. Beberapa jenis obat yang digunakan untuk mengobati asma meliputi obat inhaler, obat tablet, dan obat injeksi.

Apakah Asma Penyakit Keturunan?

Adalah hal wajar jika Anda ingin tahu apa yang menyebabkan asma. Asma adalah penyakit yang kompleks dan meskipun penyebab pastinya masih belum diketahui, penelitian telah menunjukkan bahwa faktor genetika dan lingkungan ikut berperan.

Asma dapat berjalan dalam keluarga. Beberapa studi menunjukkan bahwa faktor keturunan dapat memainkan peran dalam risiko seseorang untuk mengembangkan asma. Namun, faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi risiko seseorang untuk mengembangkan asma.

Dilansir dari Global Allergy & Airways Patient Platform, anak-anak yang memiliki orang tua yang menderita asma lebih mungkin untuk mengidap asma. Faktanya, jika salah satu orang tua menderita asma, ada kemungkinan 25% anak mereka juga akan menderita asma. Jika kedua orang tua Anda mengidapnya, risiko ini meningkat menjadi 50%.

Pengaruh gen disorot dalam penelitian kembar, yang menemukan bahwa asma lebih mungkin terjadi pada orang yang memiliki kerabat dekat secara genetik dengan kondisi tersebut. Untuk kembar identik, kemungkinan kedua anak kembar menderita asma lebih tinggi daripada kembar tidak identik. Namun, kemungkinannya 75%, bukan 100%, yang menyoroti bahwa faktor lingkungan juga berperan.

Apakah asma Bisa Menurun ke Cucu?

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa riwayat keluarga Anda dapat menjadi faktor risiko perkembangan asma. Jika salah satu orang tua atau saudara kandung Anda menderita asma, maka Anda lebih mungkin mengidap asma juga.

Jika kedua orang tua Anda menderita asma, maka risiko ini semakin meningkat. Anda juga lebih mungkin memiliki kondisi atopik terkait lainnya, seperti eksim, demam, atau alergi makanan.

Meskipun demikian, ini tidak berarti bahwa Anda pasti akan menderita asma jika ada anggota keluarga Anda yang mengidapnya, hanya saja genetika membuat Anda memiliki risiko yang lebih besar.

Juga tidak berarti bahwa Anda tidak akan mengembangkan kondisi ini jika semua anggota keluarga Anda bebas asma. Maka sangat memungkinkan jika penyakit asma akan menurun ke cucu.

Apa Ada Cara Mengobati Asma Keturunan?

Perawatan modern untuk asma berfokus pada upaya meredakan gejala dan menghentikannya. Inhaler asma biasanya diresepkan untuk ini. Inhaler pereda (biasanya berwarna biru) dapat digunakan untuk meringankan gejala asma yang timbul.

Cara Mengobati Asma Keturunan (Freepik)

Sedangkan inhaler pencegah (biasanya berwarna cokelat) diresepkan untuk mencegah timbulnya gejala. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin diresepkan inhaler yang berfungsi untuk keduanya, yang dikenal sebagai inhaler kombinasi.

Dokter Anda akan memberikan saran tentang bagaimana dan kapan harus menggunakan inhaler. Inhaler coklat biasanya digunakan setiap hari, sedangkan Anda mungkin hanya perlu menggunakan inhaler biru secara sporadis, terutama saat gejala asma Anda menjadi lebih baik.

Namun kadang-kadang tablet diresepkan, terutama jika inhaler saja tidak dapat sepenuhnya mengendalikan gejala Anda.

Selain itu, ada langkah-langkah gaya hidup praktis yang dapat Anda lakukan, bersamaan dengan penggunaan inhaler dan minum obat sesuai anjuran dokter, Ini termasuk:

  1. Berolahraga secara teratur - setelah asma Anda terkendali, olahraga teratur bermanfaat
  2. Makan dengan sehat - diet seimbang dengan banyak buah dan sayuran segar disarankan; kelebihan berat badan dapat memperburuk asma
  3. Tidak merokok - merokok diketahui sebagai penyebab iritasi dan berhenti merokok dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan gejala Anda.

Di masa depan, ada kemungkinan bahwa peningkatan pengetahuan dan penelitian genetik dapat mengarah pada pengembangan obat yang lebih personal dan farmakogenetik untuk asma.

Dapat disimpulkan bahwa pengobatan asma dapat disesuaikan dengan lebih baik untuk Anda sebagai individu, dan informasi genetik Anda dapat digunakan untuk memprediksi sebelumnya bagaimana Anda akan merespons pengobatan tertentu.

Selain apakah asma penyakit keturunan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi