Kalori Pisang Goreng dan Efeknya terhadap Tubuh

| 17 Feb 2023 18:05
Kalori Pisang Goreng dan Efeknya terhadap Tubuh
Ilustrasi pisang goreng (unsplash)

ERA.id - Pisang goreng menjadi salah satu kudapan yang disukai oleh banyak orang, terutama saat musim dengan suhu yang dingin. Namun, Anda perlu jumlah kalori pisang goreng agar lebih bijaksana saat mengonsumsinya.

Pisang memang termasuk buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi Anda perlu tahu bahwa nutrisi yang dikandungnya berbeda saat sudah menjadi pisang goreng. Untuk mengetahui lebih jelas, simak penjelasan berikut ini.

 Ilustrasi buah pisang (unsplash)

Kalori Pisang Goreng

Berikut adalah rincian dari nutrisi yang terdapat dalam satu buah pisang goreng seberat 173 gram, dikutip Era.id dari nutritionix.

Kalori yang dimiliki oleh pisang goreng adalah 378. Di dalamnya terdapat berbagai nutrisi yang dalam jumlah beragam.

·         Total lemak: 22 g (28%)

·         Lemak jenuh: 2,1 g (11%)

·         Kolesterol: 47 mg (16%)

·         Sodium: 113 mg (5%)

·         Total karbohidrat: 44 g (16%)

·         Serat diet: 4,3 g

·         Gula: 15 g

·         Protein: 4,6 g

·         Vitamin D: 0,3 mcg (1%)

·         Kalsium: 40 mg (3%)

·         Zat besi: 1,2 mg (7%)

·         Potasium: 495,4 mg (11%)

Pisang goreng memilik banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, tetapi kandungan lemak, kolesterol, dan karbohidratnya terbilang tinggi. Hal ini bisa berefek buruk terhadap kesehatan, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

Disarankan untuk mengonsumsi pisang (tanpa digoreng) dibandingkan pisang goreng. Namun, jika Anda ingin mengonsumsi pisang dengan pengolahan, Anda bisa mencoba kudapan dengan pengolahan yang lebih sehat dibandingkan pisang goreng, misalnya pisang kukus. Kalori dalam pisang kukus terbilang lebih terukur dibandingkan pisang goreng.

Salah satu keunggulan pisang goreng adalah kandungan protein yang dimiliki. Tercatat, satu porsi pisang goreng seberat 173 gram mengandung 4,6 g. Dengan kata lain, kandungan protein yang dimiliki oleh buah pisang (sebelum digoreng) mengalami peningkatan. Pisang yang belum digoreng mengandung protein sekitar 1 g. Peningkatan protein terbilang tinggi.

Untuk diketahui, protein termasuk nutrisi yang penting dan memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, seperti mempertahankan massa otot, membentuk sel baru, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Secara umum, masing-masing orang disarankan mendapatkan 30 persen total kalori dari makanan dari protein.

Efek Konsumsi Pisang Goreng Berlebih

Jumlah kalori pisang goreng yang terbilang tinggi membuatnya menjadi salah satu makanan yang berisiko menambah berat badan, apalagi jika konsumsinya tidak dibatasi dan jadi kebiasaan.

Efek yang lebih buruk bisa didapatkan dari pisang goreng yang digoreng menggunakan minyak goreng curah. Pisang goreng tersebut bisa memberikan lebih banyak tumpukan lemak jenuh di dalam tubuh.

Selain itu, pisang goreng yang diolah menggunakan minyak goreng dan dipanaskan berkali-kali dengan suhu tinggi akan menghasilkan lebih banyak asam lemak trans, senyawa polimer, dan asam lemak bebas. Hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan, antara lain meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, stroke, batu empedu.

Terkait berbagai efek dari tingginya kalori pisang goreng dan nutrisi di dalamnya, sebaiknya Anda lebih bijak mengatur pola makan dan porsinya. Bahan dan cara pengolahan juga menjadi hal penting untuk menghindari efek buruk bagi kesehatan. 

Rekomendasi