Apa Itu Interseks dan Apakah Merupakan Kelainan?

| 26 Feb 2023 22:15
Apa Itu Interseks dan Apakah Merupakan Kelainan?
Apa itu interseks (unsplash)

ERA.id - Apa itu interseks? Apakah suatu kelainan seksual tertentu? Temukan jawabannya melalui artikel berikut ini.

Dalam istilah medis, interseks disebut sebagai gangguan perkembangan seksual. Interseks bukan seperti gerontofilia atau kelainan seksual lainnya.

Individu interseks dapat memiliki kombinasi berbagai ciri fisik yang muncul pada kedua jenis kelamin atau memiliki ciri-ciri fisik yang tidak sesuai dengan jenis kelamin yang mereka miliki secara biologis.

Apa Itu Interseks?

Dilansir dari laman The Intersex Society of North America, interseks adalah istilah umum yang digunakan untuk berbagai kondisi di mana seseorang terlahir dengan anatomi reproduksi atau seksual yang tampaknya tidak sesuai dengan definisi umum perempuan atau laki-laki.

Sebagai contoh, seseorang mungkin terlahir dengan penampilan luar seperti perempuan, tetapi memiliki anatomi yang sebagian besar khas laki-laki.

Atau seseorang mungkin terlahir dengan alat kelamin yang tampaknya berada di antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan pada umumnya-misalnya, seorang anak perempuan mungkin terlahir dengan klitoris yang tampak besar, atau tidak memiliki lubang vagina.

Contoh lain adalah seorang anak laki-laki mungkin terlahir dengan penis yang tampak kecil, atau dengan skrotum yang terbelah sehingga terbentuk lebih mirip labia. Atau seseorang mungkin terlahir dengan genetika mosaik, sehingga beberapa selnya memiliki kromosom XX dan beberapa di antaranya XY.

Meskipun kita berbicara tentang interseks sebagai kondisi bawaan lahir, anatomi interseks tidak selalu muncul saat lahir. Terkadang seseorang tidak ditemukan memiliki anatomi interseks hingga ia mencapai usia pubertas, atau menemukan dirinya sebagai orang dewasa yang tidak subur, atau meninggal dunia karena usia tua dan diotopsi. Beberapa orang hidup dan meninggal dengan anatomi interseks tanpa diketahui oleh siapapun (termasuk mereka sendiri).

Variasi anatomi seksual apa saja yang dianggap sebagai interseks?

Dalam praktiknya, setiap orang memiliki jawaban yang berbeda untuk pertanyaan tersebut. Hal ini tidak mengherankan, karena interseks bukanlah kategori yang tersembunyi atau alami.

Apa maksudnya? Interseks adalah kategori yang dibangun secara sosial yang mencerminkan variasi biologis yang nyata. Untuk menjelaskan hal ini dengan lebih baik, kita dapat menyamakan spektrum jenis kelamin dengan spektrum warna.

anatomi seksual  yang dianggap interseks (UNSPLASH)

Tidak diragukan lagi bahwa di alam terdapat berbagai panjang gelombang yang berbeda yang diterjemahkan ke dalam warna-warna yang sebagian besar dari kita lihat sebagai merah, biru, oranye, kuning.

Tetapi keputusan untuk membedakan, misalnya, antara oranye dan merah-oranye dibuat hanya ketika kita membutuhkannya-seperti ketika kita meminta warna cat tertentu.

Kadang-kadang kebutuhan sosial membuat kita membuat perbedaan warna yang jika tidak, akan terlihat tidak benar atau tidak rasional, seperti, misalnya, ketika kita menyebut orang tertentu "hitam" atau "putih" ketika mereka tidak terlalu hitam atau putih seperti yang kita gunakan.

Dengan cara yang sama, alam memberikan kita spektrum anatomi seks. Payudara, penis, klitoris, skrotum, labia, gonad-semua ini bervariasi dalam ukuran, bentuk, dan morfologi.

Apa yang disebut kromosom "jenis kelamin" juga bisa sangat bervariasi. Namun dalam budaya manusia, kategori jenis kelamin disederhanakan menjadi pria, wanita, dan terkadang interseks, untuk menyederhanakan interaksi sosial, mengekspresikan apa yang kita ketahui dan rasakan, dan menjaga ketertiban.

Penting untuk diingat bahwa interseks bukanlah kondisi yang perlu diperbaiki atau diubah, dan individu interseks seharusnya memiliki hak yang sama dengan orang lain dalam hal identitas gender dan hak-hak lainnya. Kondisi interseks harus dipahami dan diperlakukan dengan penghormatan terhadap martabat manusia dan hak-hak individu.

Selain apa itu interseks, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi