Perut Mulas saat Cemas? Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya

| 05 Mar 2023 10:05
Perut Mulas saat Cemas? Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi cara mengatasi sakit perut tanpa minum obat (Freepik/benzoix)

ERA.id - Sebagian dari Anda mungkin pernah merasakan gugup hingga menimbulkan mulas di perut. Termasuk saat harus maju untuk presentasi atau berbicara dengan seseorang yang membuat Anda deg-degan. Mungkin Anda mengalami hal tersebut tidak hanya sekali, tetapi sudah berkali-kali mengalami kejadian tersebut hingga menjadikan Anda bertanya-tanya, apa yang menyebabkan perut mulas saat cemas? Untuk memahaminya, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Kenapa Perut Mulas Saat Cemas?

Saat Anda merasa perut mulas saat cemas sering disebut juga dengan istilah nervous stomach. Melansir dari Mindset Health, nervous stomach memang menjadi gejala umum yang muncul sebagai respons dari berbagai masalah, hal ini berlaku jika memang tidak ada penyebab biologis lain seperti sakit maag.

Rasa cemas yang Anda rasakan juga dapat memberi pengaruh terhadap kondisi pencernaan, misalnya kembung, merasa mual, sakit perut, bahkan mendadak seperti merasa hendak buang air besar. Tentunya hal ini sangat mengganggu, apalagi jika dirasakan pada waktu-waktu yang penting.

Selain itu, setiap emosi sangat berhubungan dengan macam-macam organ dalam tubuh. Emosi kesedihan berhubungan dengan paru-paru, emosi marah berhubungan dengan organ liver, emosi ketakutan berhubungan dengan organ ginjal, dan emosi kecemasan berhubungan dengan organ lambung. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk menjaga stabilitas emosi dalam diri agar tidak berlebihan dan menimbulkan akibat yang fatal.

Dapat Dialami oleh Setiap Orang

Melansir dari laman Healthline, perut mulas saat cemas dapat dialami oleh setiap orang. Hal ini disebabkan keterhubungan otak dan usus melalui saraf vagus, salah satu saraf terbesar dalam tubuh. Saraf ini berfungsi mengirimkan sinyal dari otak ke usus dan sebaliknya, meningkatkan iritabilitas pencernaan serta ketidakteraturan ketika stres dan kecemasan menyerang.

Ketika Anda kerap merasakan mulas saat gugup, maka Anda perlu memperhatikan tingkat stres dan kesehatan pencernaan yang Anda rasakan. Bahkan jika gejala tersebut sudah terlalu mengganggu dan Anda sudah ragu dengan kondisi yang tengah dialami, Anda dapat segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa yang terjadi serta menentukan langkah yang tepat.

Bagaimana Cara Cegah Mulas Saat Cemas?

Cara paling efektif untuk mencegah mulas saat cemas yang dapat dilakukan adalah dengan mengontrol rasa stres dan rasa cemas dengan baik. Semakin sering Anda berhadapan dengan orang lain, maka Anda akan terlatih untuk mengelola kecemasan dengan baik dan tepat.

Ilustrasi meditasi mindfulness, cara latihan mindfulness (Freepik/Drazen Zigic)

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kesehatan pencernaan yang Anda rasakan karena sangat rentan dengan stres. Salah satunya adalah dengan cara mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Anda juga disarankan berolahraga secara rutin setiap harinya. Olahraga yang bisa Anda lakukan adalah olahraga yang dapat membuat Anda lebih rileks seperti yoga atau jogging.

Anda juga dapat mengatasi kecemasan dengan cara melakukan meditasi. Dalam banyak studi yang dilakukan, meditasi memberikan manfaat yang cukup besar untuk kesehatan. Selain memperbaiki kesehatan mental, meditasi juga berperan penting untuk menjaga sistem energi pada setiap organ dalam tubuh manusia.

Demikianlah penjelasan mengenai mengapa perut mulas saat cemas dan beberapa cara untuk mencegahnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi