Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Facial agar Hasil Maksimal

| 30 Jul 2023 16:23
Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Facial agar Hasil Maksimal
Hal yang tidak boleh dilakukan setelah facial (unsplash)

ERA.id - Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah facial agar hasilnya tetap optimal dan kulit wajah tetap sehat. Untuk itu, penting untuk mengetahui hal yang tidak boleh dilakukan setelah facial.

Meskipun sangat menggoda untuk mencoba berbagai produk atau kebiasaan setelah facial, beberapa tindakan mungkin dapat menyebabkan iritasi atau bahkan merusak kulit yang baru saja mendapatkan perawatan kecantikan.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Facial

Berikut adalah beberapa pantangan atau hal yang perlu dihindari setelah melakukan facial wajah untuk menjaga kesehatan dan hasil yang optimal:

  1. Jangan memencet jerawat atau komedo

Salah satu pantangan yang paling penting setelah facial adalah jangan memencet jerawat atau komedo yang mungkin timbul setelah perawatan. Meskipun terkadang godaan untuk memencetnya cukup besar, tindakan ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit yang sedang sensitif setelah facial. Selain itu, memencet jerawat atau komedo juga bisa menyebabkan jaringan parut dan merusak hasil perawatan.

  1. Hindari penggunaan make-up berat

Setelah facial, kulit wajah cenderung lebih sensitif dari biasanya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan make-up berat setelah perawatan. Biarkan kulit bernafas dan pulih dengan sendirinya. Jika memang harus menggunakan make-up, pilihlah produk yang ringan dan non-komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori.

  1. Jangan gunakan produk perawatan kulit berjerawat

Hindari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat atau retinol setelah facial. Kandungan-kandungan tersebut bisa menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif setelah perawatan. Sebaiknya gunakan produk perawatan yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

  1. Hindari cuci muka berlebihan

    Hindari cuci muka berlebihan (unsplash)

Setelah facial, kulit wajah Anda mungkin akan terasa lebih sensitif dan kering. Oleh karena itu, hindari mencuci muka berlebihan. Cukup bersihkan wajah dua kali sehari dengan produk pembersih yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

  1. Jangan gunakan toner wajah

Hindari penggunaan toner wajah setelah facial. Saat facial, kulit Anda akan mengalami proses pembersihan yang mendalam, dan penggunaan toner wajah bisa membuat kulit terasa lebih kering dan iritasi.

  1. Jangan melakukan olahraga intensif

Setelah facial, hindari melakukan olahraga intensif atau aktivitas fisik yang berat selama beberapa hari. Kenaikan suhu tubuh dan keringat bisa menyebabkan iritasi pada kulit yang baru saja dilakukan eksfoliasi dan perawatan.

  1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Kulit wajah yang baru saja melakukan facial cenderung lebih sensitif terhadap sinar matahari. Hindari paparan sinar matahari secara langsung terutama dalam beberapa hari setelah perawatan. Jika harus berada di luar ruangan, gunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30.

  1. Jangan menyentuh wajah secara berlebihan

Setelah facial, hindari menyentuh wajah secara berlebihan, terutama dengan tangan yang tidak bersih. Sentuhan tangan yang tidak bersih bisa menyebabkan infeksi dan iritasi pada kulit.

  1. Hindari sauna atau uap wajah

Sebaiknya hindari menggunakan sauna atau uap wajah setelah facial. Suhu panas dan uap bisa membuat kulit lebih sensitif dan iritasi setelah perawatan.

  1. Jangan melakukan perawatan wajah lainnya dalam waktu dekat

Setelah melakukan facial, beri waktu untuk kulit wajah Anda untuk pulih dan bernafas. Jangan melakukan perawatan wajah lainnya dalam waktu dekat, seperti eksfoliasi atau perawatan kimia. Biarkan kulit pulih secara alami dan nikmati hasil perawatan facial yang telah Anda lakukan.

Selain hal yang tidak boleh dilakukan setelah facial, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi