Apa Saja Manfaat Protein Sumsum Tulang Sapi? Ini Daftarnya

| 26 Aug 2023 14:15
Apa Saja Manfaat Protein Sumsum Tulang Sapi? Ini Daftarnya
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

ERA.id - Salah satu bagian terlezat dari sapi adalah sumsum tulang sapi. Pada umumnya, sumsum tulang sapi ini disajikan dengan sup hangat atau direbus untuk dijadikan kaldu. Namun, pada saat ini sudah banyak variasi penyajian sumsum tulang sapi yang lain seperti dipanggang atau dibakar.

Sebenarnya kandungan sumsum tulang sapi pada umumnya adalah lemak. Namun, ternyata lemak pada sumsum tulang ini bisa menjadi sumber hormon khusus. Selain itu, tulangnya mengandung berbagai mineral seperti kalsium, fosfor, serta magnesium.

Manfaat mengonsumsi tulang sapi bagi kesehatan sejalan dengan kelezatannya yang tidak terbandingkan. Namun, tentunya Anda tidak disarankan untuk berlebihan, karena semua yang berlebihan itu tidak baik. Tetap kontrol nafsu makan Anda agar kesehatan tetap terjaga.

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Lantas apa manfaat dari protein sumsum tulang sapi ini? Simak di bawah ini.

Menghambat Proses Penuaan

Manfaat sumsum tulang sapi untuk menghambat proses penuaan ini berhubungan dengan kandungan gelatin yang ada di dalamnya. Kandungan gelatin ini merupakan pemicu terbentuknya kolagen di dalam tubuh. Kolagen yang telah terbentuk ini dapat membuat kulit agar tetap lembut, cerah, dan kencang.

Jadi, kulit akan tetap terlihat awet muda dengan mengonsumsi sumsum tulang sapi ini. Garis-garis halus di wajah, kulit keriput, ataupun kulit kering dapat dihindari dengan makanan lezat ini.

Menyehatkan Tulang dan Sendi

Kolagen dan glukosamin yang terkandung dalam sumsum tulang sapi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Mengonsumsinya dapat mencegah berbagai penyakit yang terjadi pada tulang dan persendian seperti osteoarthritis yang umumnya dialami oleh orang-orang yang sudah berusia lanjut.

Manfaat ini bisa didapatkan karena kolagen dan glukosamin bertanggung jawab dalam memperbaiki kerusakan pada persendian dan menjaganya agar tetap lentur dan kuat. Jadi untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi, Anda bisa mengonsumsi makanan ini dengan teratur.

Mengurangi Risiko Diabetes

Dalam hal mengurangi risiko diabetes ini, Anda perlu memperhatikan porsi sumsum tulang sapi yang Anda makan. Hal ini berhubungan juga dengan kandungan lemak yang sangat banyak di dalam sumsum tulang sapi.

Kandungan adiponektin dalam sumsum tulang sapi adalah faktor penting yang menjadikan sumsum tulang sapi bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes. Adiponektin ini berkaitan dengan kefektifan hormon insulin dalam bekerja dalam mengontrol kadar gula dalam tubuh. Dengan demikian, maka penyakit diabetes yang disebabkan melonjaknya kadar gula dalam tubuh dapat diatasi.

Meningkatkan Produksi Sel Darah Putih

Sel darah putih memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga daya tahan tubuh untuk melawan berbagai jenis penyakit. Dengan mengonsumsi sumsum tulang sapi, maka sel darah putih dalam tubuh seseorang akan mengalami peningkatan.

Hal ini tidak terlepas dari kandungan senyawa yang bernama alkilgliserol atau AKG pada sumsum tulang sapi yang mempunyai fungsi untuk menjaga keseimbangan sel darah putih yang ada di dalam tubuh seseorang. Oleh sebab itu, orang-orang yang sedang sakit di rumah sakit sering dianjurkan untuk mengonsumsi sup kaldu yang mengandung sumsum tulang sapi.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan gelatin yang dimiliki oleh sumsum tulang sapi tidak hanya berguna untuk menghambat proses penuaan, tetapi juga dapat melancarkan pencernaan. Gelatin adalah protein khusus yang sangat penting manfaatnya untuk sistem pencernaan.

Dengan mengonsumsi sumsum tulang sapi, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat bagi sistem pencernaan seperti meningkatkan kadar bakteri baik di usus, meredakan berbagai macam peradangan pada sistem pencernaan, dan memperbaiki kerusakan pada saluran pencernaan.

Demikianlah ulasan tentang protein sumsum tulang sapi  beserta manfaatnya. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi