Berbagai Titik Pijat untuk Meredakan Sakit Gigi dan Cara Memijatnya

| 02 Sep 2023 08:15
Berbagai Titik Pijat untuk Meredakan Sakit Gigi dan Cara Memijatnya
Ilustrasi orang sakit gigi (pexels)

ERA.id - Semua orang berpotensi mengalami sakit gigi, baik anak-anak maupun orang dewasa. Penanganan medis dibutuhkan agar hal ini tidak terus menyiksa. Selain itu, rasa nyeri bisa dikurangi dengan pijat untuk meredakan sakit gigi.

Penanganan medis disarankan karena sakit gigi bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun, pemijatan bisa menjadi alternatif untuk meredakan nyeri yang tak tertahankan.

Pemijatan bisa membantu melancarkan aliran darah. Dengan demikian, otot di sekitar gigi yang sakit bisa lebih rileks sehingga rasa nyeri berkurang. Dalam pemijatan ini, ada beberapa titik pemijatan yang letaknya tersebar di selruh tubuh. Dikutip Era.id dari situs web Pepsodent, berikut ini adalah rinciannya.

 Ilustrasi penanganan medis pada sakit gigi (pexels)

Titik Pijak untuk Meredakan Sakit Gigi

·         Titik usus halus 18 (SI 18)

Titik ini menjadi titik pijat pertama dan paling sensitif. Titik small intestine 18 (SI 18) tidak terletak di organ susu halus, tetapi di kedua sisi di bawah tulang pipi yang ada di bawah ujung mata, sejajar dengan bagian bawah hidung.

Nama lain dari titik ini adalah titik lubang tulang pipi. Cara memijatnya, tekan titik tersebut selama 60 detik dengan jari telunjuk dan tengah sambil mengambil nafas yang dalam. Setelah itu, embuskan napas secara perlahan.

·         Titik perut 6 (ST 6)

Titik stomach 6 (ST 6) berada di antara rahang atas dan bawah, tepatnya bagian menonjol di area tersebut saat Anda menguap. Cara memijatnya adalah menekan titik tersebut menggunakan ibu jari selama 60 detik sambil menarik nafas. Setelah itu, embuskan napas secara perlahan.

·         Titik usus besar 4 (LI 4)

Titik large intestine 4 (LI 4) terletak di ujung ibu jari dan telunjuk. Ini menjadi titik untuk meredakan sakit gigi ringan. Cara memijatnya adalah menempelkan ujung ibu jari ke ujung jari telunjuk dan menekannya secara lembut selama empat hingga lima detik. Lakukan hal ini beberapa kali sembari menarik napas dan mengembuskannya perlahan.

·         Titik Perut 36 (ST 36)

Titik stomach 36 (ST 36) berda di sekitar lutut. Cara menemukan titik ini adalah dengan menempelkan telapak tangan di tempurung lutut. Titik tempat jatuhnya jari kelingking adalah titik ST 36. Cara memijatnya adalah dengan menekan titik itu secara perlahan dan memijatnya ke arah tulang kering yang terletak di bawahnya.

Itulah berbagai titik pijak untuk meredakan sakit gigi. Beberapa keluhan lain terkait sakit gigi juga bisa diredakan dengan pemijatan tersebut, seperti mual, sakit kepala, stres, dan kelelahan. Anda bisa melakukan pemijatan tersebut saat berada dalam kondisi nyaman dan mengulanginya hingga rasa sakit mereda. Namun, jangan lupa untuk memeriksakan diri ke doter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Rekomendasi