Jenis-jenis Aritmia yang Harus Anda Ketahui

| 03 Sep 2023 22:05
Jenis-jenis Aritmia yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi cek irama jantung (Freepik/pressfoto)

ERA.id - Aritmia merupakan kondisi yang menggambarkan detak jantung yang tidak teratur, misalnya terlalu cepat, terlalu lambat, ataupun terlalu dini. Dalam pengertian lain adalah irama maupun detak jantung yang tidak teratur. Aritmia terjadi karena sinyal listrik ke jantung yang mengoordinasi detak jantung tidak berfungsi secara normal sehingga menimbulkan ketidakteraturan detak jantung.

Beberapa jenis aritmia jantung tidak berbahaya, tetapi ketika dalam kondisi abnormal atau kondisi jantung yang lemah, aritmia dapat mengakibatkan gejala kesehatan yang cukup serius, bahkan berisiko fatal. Sebagian orang yang mengidap aritmia tidak menunjukkan gejala ini, tergantung dari jenis aritmia yang dideritanya.

Ilustrasi (Pixabay)

Di bawah ini adalah jenis-jenis aritmia yang dapat Anda ketahui:

Takikardia

Takikardia adalah jenis gangguan irama jantung yang detaknya lebih cepat dari kondisi normal saat istirahat. Pada dasarnya, kondisi detak jantung cepat merupakan hal yang normal bila Anda sedang dalam masa latihan, tetapi ketika Anda dalam situasi istirahat tetapi jantung berdetak cepat, berarti Anda sedang mengalami takikardia.

Pengidap takikardia menghasilkan sinyal listrik cepat yang mempercepat denyut jantung meningkat, dari yang biasanya 60–100 kali per menit saat istirahat. Dalam beberapa kasus, takikardia tidak menunjukkan gejala atau komplikasi, tetapi jika tidak diobati, takikardia dapat menimbulkan komplikasi serius termasuk gagal jantung, ataupun serangan jantung yang menyebabkan kematian mendadak.

Takikardia Ventrikel

Takikardia ventrikel merupakan denyut jantung cepat yang disebabkan sinyal listrik abnormal di ruang bawah jantung (ventrikel). Denyut jantung yang cepat tidak memungkinkan ventrikel untuk mengisi dan berkontraksi secara efisien untuk memompa cukup darah ke seluruh tubuh.

Atrial Flutter

Pada atrial flutter, atria jantung memiliki detak yang sangat cepat, tetapi dengan laju yang teratur. Tingkat cepat menimbulkan kontraksi lemah dari atria. Atrial flutter dikarenakan sirkuit tidak teratur di dalam atria. Episode atrial flutter dapat sembuh sendiri atau mungkin membutuhkan perawatan. Pada waktu lain, orang yang mengalami atrial flutter juga sering mengalami fibrilasi atrial.

Takikardia Supraventrikular (SVT)

Takikardia supraventrikular adalah kondisi detak jantung cepat yang abnormal yang berasal dari suatu tempat di atas ventrikel. Hal ini dikarenakan oleh sirkuit abnormal di jantung yang umumnya hadir saat lahir dan menciptakan tumpang tindih sinyal listrik.

Fibrasi Ventrikel

Fibrilasi ventrikel terjadi saat impuls listrik kacau dan cepat sehingga mengakibatkan ventrikel bergetar tidak efektif daripada memompa darah yang dibutuhkan ke tubuh. Hal ini tentu bisa berakibat fatal jika jantung tidak kembali ke ritme normal dalam beberapa menit dengan kejutan listrik ke jantung (defibrilasi).

Fibrilasi Atrium

Fibrilasi atrium adalah ketidakteraturan denyut jantung yang tidak teratur dan sering cepat yang dapat meningkatkan risiko stroke, gagal jantung, dan komplikasi yang berhubungan dengan jantung lainnya.

Selama fibrilasi atrium terjadi, dua bilik atas jantung (atria) memukul secara kacau dan tidak teratur dari koordinasi dengan dua bilik bawah (ventrikel) jantung. Gejala-gejala atrial fibrilasi dapat ditandai dengan palpitasi jantung, sesak napas, dan kelemahan.

Bradikardia

Bradikardia adalah denyut jantung yang melambat melebihi normal saat beristirahat. Pada umumnya, jantung berdenyut 60–100 kali per menit setiap Anda beristirahat. Namun jika Anda mengidap bradikardia, denyut jantung akan kurang dari 60 kali per menit.

Ada beberapa kondisi yang menjadi ciri atau gejala bradikardi, antara lain nyeri di dada, kebingungan, kesulitan berkonsentrasi, kesulitan saat berolahraga, kepala terasa ringan, pusing, lelah, dan sesak napas.

Demikianlah ulasan tentang jenis-jenis aritmia yang dapat diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi