Ikan yang Bagus untuk Kecerdasan Otak, Mengapa Harus Salmon?

| 26 Sep 2023 07:05
Ikan yang Bagus untuk Kecerdasan Otak, Mengapa Harus Salmon?
Ikan yang bagus untuk kecerdasan otak (unsplash)

ERA.id - Makanan memiliki peran penting dalam menjaga dan meningkatkan kecerdasan seseorang. Bagi Anda yang ingin meningkatkan kecerdasan, terdapat beberapa jenis ikan yang bagus untuk kecerdasan otak

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi makanan yang dikenal mengandung nutrisi penting yang dapat memberikan dukungan khusus bagi fungsi otak. Mari temukan jenis-jenis ikan yang memiliki manfaat luar biasa untuk kecerdasan dan kesehatan mental Anda.

Rekomendasi Ikan yang Bagus untuk Kecerdasan Otak

Pilih ikan yang tinggi kandungan omega-3. Salmon, trout, ikan putih, sarden, ikan teri, ikan hering, ikan mackerel, ikan cod hitam, dan ikan cobia semuanya kaya akan omega-3, lemak sehat yang memberikan manfaat untuk jantung, paru-paru, sistem kekebalan tubuh, dan, tampaknya, otak.

Secara umum, seafood adalah kategori makanan yang kaya nutrisi, menyediakan protein, lemak sehat, vitamin B, dan mineral seperti seng, besi, dan yodium. Ketika berbicara tentang memberi nutrisi pada otak dan menjaganya dalam kondisi terbaik, ikan terbaik untuk dikonsumsi adalah salmon.

Lebih dari setengah bagian otak terdiri dari lemak (unsplash)

Lebih dari setengah bagian otak terdiri dari lemak, khususnya asam lemak poliunsaturasi omega-3,.

Sekitar 90% lemak yang membentuk struktur otak berupa asam dokosaheksaenoat (DHA).  Nah, salmon merupakan sumber yang kaya akan DHA, serta asam lemak omega-3 penting lainnya, yaitu asam eikosapentaenoat (EPA).

Bahkan, satu porsi salmon seberat 3 ons mengandung 1,22 gram DHA dan 0,35 gram EPA. Jika Anda ingin tahu seberapa banyak itu dibandingkan dengan jumlah DHA dan EPA yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari, jumlah ini sekitar 100%.

Kini makin banyak penelitian yang dilakukan untuk memahami bagaimana diet dapat memperlambat atau mencegah penurunan kognitif. Yang diketahui sejauh ini adalah bahwa asupan asam lemak poliunsaturasi yang lebih tinggi berhubungan dengan risiko rendah terhadap gangguan kognitif ringan, menurut American Journal of Clinical Nutrition.

Selain memberi otak Anda sumber utama asam lemak omega-3, mengonsumsi salmon juga dapat membantu memproduksi protein kuat yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF).

BDNF mendukung pertumbuhan dan kelangsungan hidup sel-sel otak dan merupakan salah satu protein yang bertanggung jawab atas pembentukan sel-sel otak baru.

Bagi pecinta salmon, kabar ini adalah kabar baik! Anda tidak hanya bisa menikmati sumber protein yang lezat, tetapi juga merawat otak Anda dalam prosesnya.

Untuk melihat manfaat mengkonsumsi salmon, pastikan untuk mengkonsumsinya setidaknya dua kali seminggu atau idealnya tiga kali. Cara menikmati salmon tersebut termasuk memanggangnya di dalam oven dengan pesto dan sayuran sebagai pelengkap, menggorengnya dengan sampingan biji-bijian dan sayuran, atau dalam hidangan kari.

Namun biasanya fillet salmon liar mungkin agak mahal, jadi jika berbelanja dengan anggaran terbatas, cobalah salmon kalengan, karena menjadi pilihan yang sangat ramah anggaran dan bisa ditambahkan ke atas salad atau digunakan untuk membuat burger salmon yang lezat.

Selain ikan yang bagus untuk kecerdasan otak, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi