Apa Itu Moon Bathing dan Apa Saja Manfaat yang Diperolehnya?

| 01 Oct 2023 09:10
Apa Itu Moon Bathing dan Apa Saja Manfaat yang Diperolehnya?
Apa itu moon bathing (unsplash)

ERA.id - Moon bathing telah menjadi semakin populer karena dianggap memiliki manfaat kesehatan dan spiritual. Apa itu moon bathing dan apa saja manfaat yang bisa didapatkannya?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi esensi dari moon bathing, dan cara melakukannya dengan benar. Siap mendapatkan manfaat mendalam dengan moon bathing?

Apa Itu Moon Bathing?

Mandi bulan mengikuti prinsip yang sama dengan mandi matahari yaitu Anda perlu keluar rumah saat bulan terlihat penuh dan menyerap sinarnya.

Cobalah untuk memilih tempat yang tenang untuk melakukan moon bathing. Anda dapat melakukannya dengan pakaian atau tanpa pakaian, berbaring atau berjalan-jalan.

Perlu diketahui, tidak ada batasan waktu berapa lama Anda harus mandi bulan karena pengalaman ini sepenuhnya tergantung pada Anda.

Apa manfaat dari mandi bulan (unsplash)

Apa manfaat dari mandi bulan?

  1. Menenangkan pikiran dan tubuh

"Menurut Ayurveda, bulan memiliki energi penyembuhan yang menenangkan, menyejukkan, dan menenangkan bagi pikiran dan tubuh," kata Jillian Lavender, pendiri The London Meditation Centre.

"Paparan sinar bulan adalah cara efektif untuk menenangkan dan mendinginkan panas berlebih, kemarahan, dan ketidakseimbangan dari sistem tubuh (menenangkan dosha pitta) dan telah digunakan untuk membantu penyakit seperti hipertensi, migrain, ruam, bisul, gatal-gatal, ruam, dan kondisi peradangan lainnya."

  1. Mengoptimalkan kesuburan

Selain mendatangkan manfaat bagi kesehatan umum, bulan dipercayai memiliki manfaat hormonal khususnya bagi wanita. "Bulan memiliki pengaruh yang sangat kuat pada siklus harian dan bulanan kita," kata Jillian.

"Mandi bulan sangat erat kaitannya dengan yang feminin dan kesuburan," kata Fiona Harlowe, pakar mandi bulan dan ahli perawatan wajah tubuh keseluruhan. "Karena cahaya bulan sebenarnya adalah pantulan cahaya matahari, itu juga dapat meningkatkan kadar vitamin D, serta memberikan kita nitrogen oksida yang diketahui membantu mengatur aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, bulan dianggap terkait dengan sisi kiri (wanita) otak, dan terutama dengan kelenjar hipofisis sebagai pusat hormonal, serta rahim, payudara, ovarium, dan siklus menstruasi.

Kelenjar hipofisis sendiri sangat terkait dengan bulan dalam astrologi medis dan bertanggung jawab atas pelepasan hormon folikel-stimulasi dan hormon luteinisasi, keduanya intrinsik untuk pelepasan estrogen yang mempertebal dinding rahim.

Seperti halnya bulan, tubuh wanita mengikuti siklus 28 hari, untuk itu mandi bulan dapat menyelaraskan siklus menstruasi dengan fase bulan dipercayai oleh banyak budaya untuk mengoptimalkan kesuburan.

"Idealnya, pada kuartal pertama ketika bulan sedang membesar, telur berkembang dan dilepaskan," kata Fiona. "Pada saat purnama, pada hari ke-14, telur mencapai kematangan dan dilepaskan, dan pada akhir periode surut berikutnya, menstruasi datang."

  1. Mengatasi gejala menopause

Mandi bulan tidak hanya tentang kesuburan karena bulan menawarkan bantuan bagi kita wanita pada tahap kehidupan apapun yang mereka alami, termasuk perimenopause dan menopause.

"Esensi bulan mirip dengan representasi simbolis air - sejuk, halus, dan mengalir," kata Jillian. "Ini sangat membantu saat wanita bertransisi melalui perimenopause dan menopause.

Selain apa itu moon bathing, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi