Manfaat Ectoin untuk Wajah dan Efek Samping yang Ditimbulkannya

| 16 Oct 2023 08:35
Manfaat Ectoin untuk Wajah dan Efek Samping yang Ditimbulkannya
Manfaat ectoin untuk wajah (unsplash)

ERA.id - Kulit wajah cantik dan alami adalah dambaan banyak individu, untuk itu perawatan kulit menjadi fokus utama. Salah satu bahan ajaib yang semakin populer dalam produk perawatan kulit adalah ectoin. Lantas apa saja manfaat ectoin untuk wajah?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi manfaat ectoin untuk wajah Anda dan bagaimana bahan alami ini dapat membantu Anda mencapai kulit yang bercahaya dan sehat.

Apa Itu Ectoin?

Ectoin adalah senyawa alami yang berfungsi sebagai osmolit dan merupakan campuran molekul yang bertujuan untuk menjaga integritas sel. Ectoin diproduksi dalam beberapa spesies bakteri, tetapi paling umum dalam bakteri yang tumbuh di lingkungan berkadar garam tinggi.

Hal yang menjadi perhatian dari ectoin lantaran cara kerjanya. Sebagai osmolit, ectoin membantu organisme bertahan dalam kondisi osmosis ekstrem untuk mengembalikan volume sel normal.

Manfaat Ectoin untuk Wajah

Dilansir dari The Zoe Report, dermatolog kosmetik Dr. Paul Jarrod Frank, M.D., mengatakan kepada TZR bahwa manfaat paling bermanfaat dari ectoin adalah kemampuannya untuk melindungi sel-sel yang membentuk lapisan pelindung kulit.

"Tujuannya adalah untuk berikat dengan air guna membentuk kompleks pelindung untuk membran sel." jelas Paul.

Dengan kata lain, ectoin membantu sel-sel menjaga keseimbangan air ideal mereka yang membuat kulit terhidrasi untuk meningkatkan elastisitas dan kekenyalannya.

Ada beberapa sifat lain yang membuat senyawa ectoin menjadi aset berharga untuk menjadi kulit tampak awet muda. Memiliki kemampuan alami untuk mengatasi stres, ectoin sangat cocok untuk menghadapi tekanan lingkungan sehari-hari seperti polusi dan sinar UVA atau UVB.

"Ini juga memiliki kemampuan anti-inflamasi yang luar biasa yang dapat meratakan kulit kasar sambil memberikan hidrasi jangka panjang," kata dokter kulit bersertifikat, Dr. Aanand Geria, M.D., dari Geria Dermatology.

Ectoin dalam Skincare Apa Ada Efek Sampingnya (unsplash)

Ectoin dalam Skincare Apa Ada Efek Sampingnya?

Baik yang berasal dari alam maupun yang disintesis secara buatan, ectoin cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Sebagaimana dicatat oleh Dr. Geria, etoin sangat bermanfaat terutama bagi kulit kering atau mereka yang mengalami sensitivitas dan iritasi. Jika Anda termasuk dalam salah satu kategori tersebut, Anda dapat mengandalkan kualitas antioksidan untuk meredakan peradangan sambil menjaga kelembaban kulit Anda.

Terlepas dari jenis kulit Anda, penting untuk selalu bijaksana dalam melakukan uji coba atau saat mencoba bahan-bahan baru. Untuk itu, karena tidak memiliki efek samping yang jelas, ectoin dapat dengan mudah digunakan ke dalam rutinitas harian Anda.

Mengingat karakteristiknya, ectoin dapat digunakan setiap hari atau bahkan dapat mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh bahan-bahan yang berpotensi mengiritasi seperti vitamin C atau retinoid.

Dengan demikian, ada beragam produk yang diformulasikan dengan ectoin, termasuk serum, pelembab, dan krim mata. Jadi, bagaimana Anda mengintegrasikannya ke dalam rutinitas Anda akan bergantung pada produk yang Anda pilih.

"Saya merekomendasikan untuk memulai secara perlahan dan menggunakannya saat siang sebelum menggunakan tabir surya dan di sekitar mata untuk mengurangi peradangan," kata dokter kulit bersertifikat, Dr. Jeanine B Downie, M.D.

Selain manfaat ectoin untuk wajah, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi