Khasiat Teh Bunga Telang yang Diyakini Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit

| 05 Jan 2024 08:05
Khasiat Teh Bunga Telang yang Diyakini Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit
Khasiat teh bunga telang (unsplash)

ERA.id - Teh bunga telang, dengan warna biru alaminya, tidak hanya memukau dengan keindahannya, tetapi juga menawarkan sejuta manfaat bagi kesehatan. Lantas apa saja khasiat teh bunga telang?

Bunga telang, yang dikenal dengan nama lain kembang telang atau bunga biru, telah lama digunakan sebagai ramuan tradisional di berbagai budaya. Keunikan warnanya berasal dari senyawa alami yang mengandung antioksidan tinggi.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai khasiat teh bunga telang yang tidak hanya menyajikan minuman yang menyegarkan, tetapi juga memberikan manfaat positif untuk kesehatan tubuh Anda.

Khasiat Teh Bunga Telang

Bunga telang terkait dengan beberapa manfaat kesehatan, dilansir dari berbagai sumber berikut beberapa di antaranya:

  1. Kesehatan kulit dan rambut

Produsen kosmetik membanggakan efektivitas bunga telang dalam berbagai produk perawatan kulit, seperti serum dan shampo, serta penyegar rambut.

Menurut sebuah studi tahun 2021, ekstrak bunga telang dapat meningkatkan kelembaban kulit sebanyak 70% satu jam setelah aplikasinya.

Sementara itu, menurut sebuah studi pada hewan di tahun 2012 menemukan bahwa ekstrak bunga telang mungkin lebih efektif dalam mempromosikan pertumbuhan rambut dibandingkan minoxidil, yang merupakan produk umum yang digunakan untuk mengobati kerontokan rambut.

Terkait dengan efektifitasnya untuk kesehatan rambut, bunga telang mengandung berbagai antioksidan yang dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit . Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk sepenuhnya memahami bagaimana bunga telang dapat memengaruhi rambut dan kulit.

  1. Cocok untuk penurunan berat badan

Beberapa studi bahkan menyimpulkan jika bunga telang dapat membantu dalam upaya penurunan berat badan.

Sebuah studi reagen tabung mengindikasikan bahwa ekstrak bunga telang dapat memperlambat pembentukan sel lemak dengan mengatur jalur tertentu yang terlibat dalam perkembangan sel.

Sementara itu, beberapa studi reagen tabung dan hewan yang lebih tua menemukan bahwa ternatin, yang terdapat dalam bunga telang, juga dapat menghambat sintesis sel lemak dalam tubuh Anda.

Meskipun demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi bagaimana bunga telang dapat mempengaruhi berat badan, terutama jika dimasukkan ke dalam program diet Anda.

Teh bunga telang cocok untuk penurunan berat badan (unsplash)
  1. Menstabilkan kadar gula darah

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa bunga telang dapat mengurangi risiko diabetes dan gejala terkait.

Sebagai contoh, satu studi pada 15 pria menunjukkan bahwa minum minuman yang mengandung ekstrak bunga telang meningkatkan kadar antioksidan dan mengurangi kadar gula darah dan insulin.

Selain itu, berdasarkan sebuah studi pada hewan menemukan bahwa pemberian ekstrak bunga telang pada tikus dengan diabetes secara signifikan mengurangi kadar gula darah mereka dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Studi lainnya bahkan melaporkan bahwa sifat antioksidan bunga telang dapat melindungi terhadap kerusakan sel dan komplikasi terkait diabetes. Namun, tetap dibutuhkan penelitian tambahan untuk menentukan bagaimana bunga telang dapat mempengaruhi kontrol gula darah Anda dalam jangka panjang.

Meskipun demikian, secara umum para ahli gizi menganggap jika bunga telang aman dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Beberapa laporan anekdotal menyebutkan efek samping seperti mual, sakit perut, dan diare setelah mengkonsumsi bunga telang, tetapi tidak ada penelitian yang mendukung efek-efek tersebut.

Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasar atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, disarankan untuk berbicara dengan dokter sebelum menggunakan bunga telang atau tanaman herbal lainnya.

Selain khasiat teh bunga telang, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi