Berapa Kecepatan Jalan Kaki Ideal Saat Treadmill bagi Pemula?

| 22 Feb 2024 07:11
Berapa Kecepatan Jalan Kaki Ideal Saat Treadmill bagi Pemula?
Berapa kecepatan jalan kaki di treadmill (unsplash)

ERA.id - Jalan kaki di treadmill merupakan pilihan latihan kardio yang aman dan efektif untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Salah satu faktor penting dalam mencapai hasil maksimal adalah menentukan kecepatan jalan kaki yang tepat. Lantas berapa kecepatan jalan kaki di treadmill yang normal?

Kecepatan ideal di treadmill berbeda-beda bagi setiap individu, tergantung pada beberapa faktor seperti usia, tingkat kebugaran, kondisi kesehatan, dan tujuan latihan. Artikel ini akan membahas berbagai aspek yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kecepatan jalan kaki di treadmill.

Berapa Kecepatan Jalan Kaki di Treadmill?

Dilansir dari laman Adidas, treadmill memiliki fitur yang beragam, tetapi sebagian besar memiliki fungsi dasar yang sama, yaitu kecepatan dan kemiringan. Kedua fungsi ini sudah cukup untuk memberikan Anda latihan yang optimal.

Umumnya, kecepatan treadmill diukur dalam mil per jam (mph), dan semakin tinggi angkanya, semakin cepat sabuk treadmill bergerak. Biasanya, 2-4 mph adalah kecepatan berjalan, 4-5 mph adalah jalan cepat atau lari ringan, dan di atas 5 mph adalah jogging atau berlari.

Sementara itu, angka kemiringan akan menaikkan atau menurunkan papan treadmill yang berfungsi untuk  mensimulasikan berlari di tanah datar atau bukit.

Tips dan Cara berlari di Treadmill

Saat berlari di treadmill, berlarilah seperti halnya di luar ruangan. Kemudian selalu jaga punggung tetap tegak, bahu rileks, dan bagian core tubuh aktif, seolah-olah ada tali di atas kepala Anda yang menarik Anda ke atas.

Kemudian usahakan untuk tidak berpegangan pada pegangan samping agar lengan Anda dapat bergerak mengikuti ritme alami langkah Anda.

Perhatikan juga tubuh Anda selama berlari dan perhatikan jika Anda mengalami ketegangan yang dapat menghabiskan energi Anda. Jika Anda meningkatkan kecepatan, klipkan kabel pengaman ke baju Anda untuk segera menghentikan treadmill jika ditarik.

Tips dan Cara berlari di Treadmill (unsplash)

Latihan Interval Treadmill bagi Pemula

Ingin mendorong batas kebugaran dengan cepat? Latihan interval di treadmill adalah jawabannya! Berikut ini program sederhana untuk pemula yang dapat memacu stamina dan membakar kalori:

  1. Pemanasan (10 menit): Awali dengan 10 menit jalan santai di treadmill dengan incline 0 dan kecepatan 2-3 mph. Anggap saja ini salam pembuka kepada tubuh Anda sebelum memasuki pembakaran kalori.
  2. Naikkan Irama (3 menit): Saatnya sedikit berkeringat! Naikkan kecepatan ke 4 mph dan pertahankan selama 3 menit. Fokus pada postur tegak, aktifkan core untuk stabilitas, dan biarkan lengan berayun bebas mengikuti irama langkah.
  3. Istirahat dan Tenangkan Diri (2 menit): Ambil jeda 2 menit dengan menurunkan kecepatan ke 3 mph dan kembali ke jalan santai. Gunakan waktu ini untuk mengatur napas, pulihkan tenaga, dan bersiap menghadapi tantangan berikutnya.
  4. Uji Ketahanan Anda (4 menit): Sekarang, tingkatkan intensitas lagi! Naikkan kecepatan ke 5 mph dan pertahankan selama 4 menit. Ini adalah sesi moderat yang menantang, tapi jangan memaksakan diri. Jika butuh penyesuaian, turunkan sedikit kecepatan agar bisa menyelesaikan interval ini dengan nyaman.
  5. Segarkan Kembali (3 menit): Anda sudah separuh jalan! Turunkan lagi kecepatan ke 3 mph dan nikmati 3 menit jalan santai untuk memulihkan napas dan mempersiapkan diri menghadapi interval terakhir.
  6. Ledakkan Energi Terakhir (3 menit): Saatnya memberikan "hadiah" pembakar kalori! Naikkan kecepatan ke 5.5-6 mph selama 3 menit terakhir. Ini interval tercepat, jadi manfaatkan sisa energi Anda sebaik-baiknya. Ingat, sesuaikan kecepatan dengan kemampuan Anda untuk bisa menyelesaikannya dengan baik.
  7. Relaksasi dan Nikmati Keberhasilan (5 menit): Akhiri latihan dengan 5 menit jalan santai di 2.5 mph untuk menurunkan detak jantung dan meredakan ketegangan otot. Jangan lupa, akhiri sesi dengan peregangan ringan untuk mengembalikan kelenturan tubuh.

Program ini hanyalah panduan awal. Seiring kemajuan kebugaran Anda, jangan ragu untuk menambah durasi interval, tingkatkan kecepatan, atau coba incline yang lebih menantang.

Selain berapa kecepatan jalan kaki di treadmill, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi