Teh Hitam dan Kopi Hitam, Mana yang Lebih Sehat? Perhatikan Hal Berikut!

| 21 Feb 2024 13:02
Teh Hitam dan Kopi Hitam, Mana yang Lebih Sehat? Perhatikan Hal Berikut!
Ilustrasi teh hitam (Freepik)

ERA.id - Dua minuman yang populer di dunia, khususnya bagi para pencinta kafein adalah teh hitam dan kopi hitam. Selain berfungsi untuk mengusir kantuk, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa teh hitam dan kopi hitam yang diminum tanpa adanya tambahan gula atau pun pemanis juga mampu memberikan manfaat kesehatan yang beragam. Lantas, dari teh hitam dan kopi hitam, manakah yang lebih sehat? Simak ulasannya di bawah ini.

Teh hitam dan kopi hitam, mana yang lebih sehat?

Melansir beberapa sumber, teh hitam ataupun kopi hitam sama-sama mempunyai nilai plus masing-masing. Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai teh hitam dan kopi hitam:

Teh hitam

Teh hitam menjadi salah satu jenis teh yang sudah terkenal di dunia. Mengutip dari Healthshots, teh ini diproduksi dari tanaman teh Camellia sinensis, walaupun teh hitam dan kopi hitam sama-sama mengandung kafein, akan tetapi kandungan kafein teh hitam lebih rendah.

Dalam teh hitam juga tidak terkandung lemak jenuh sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi teh hitam secara teratur dapat menurunkan berat badannya secara signifikan.

Kopi hitam

Adapun bagi Anda yang mengonsumsi secangkir kopi hitam sebelum perlu ke gym, akan berpotensi meningkatkan metabolisme tubuh. Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan kafein yang tinggi dalam kopi yang membuat energi Anda melonjak untuk berolahraga. Selain itu, kopi hitam juga memiliki kandungan berbagai antioksidan, magnesium, dan potasium.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi kopi hitam mempunyai risiko lebih rendah dari paparan obesitas dan diabetes tipe 2.

Ilustrasi Kopi hitam (Adrianna Calvo/Pexels)

Teh Hitam dan Kopi Hitam Sama-sama Menyehatkan

Melansir Times of India, teh hitam dan kopi hitam sama-sama menyehatkan tubuh. Jika Anda ingin memilah mana yang lebih sehat, maka hal ini tergantung dari manfaat yang Anda butuhkan. Karena tergolong sebagai herbal, maka penggunaan dua jenis minuman tersebut harus disesuaikan dengan keadaan dan juga kebutuhan tubuh. Jika Anda menginginkan energi Anda bertambah, semangat semakin berapi-api, sekaligus menghilangkan kantuk, maka Anda bisa mengonsumsi kopi hitam.

Adapun sebelum berolahraga di pagi hari, kopi hitam menjadi minuman pagi yang disarankan untuk mengawali metabolisme tubuh sebab dapat memberi Anda energi yang diperlukan untuk tampil di gym. Namun, jika Anda tidak suka mengonsumsi kafein terlalu banyak, teh hitam bisa menjadi alternatif yang tepat dan lebih baik.

Meskipun begitu, orang yang memiliki persoalan kecemasan dan hipertensi sebaiknya menghindari kopi hitam. Para ahli juga berpesan agar setiap orang tidak mengonsumsi kopi hitam menjelang larut malam sebab berisiko mengganggu siklus tidur Anda.

Demikianlah ulasan tentang teh hitam dan kopi hitam, semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi