Micellar Water untuk Kulit Sensitif: Cara Kerja, Efektivitas, dan Panduan Menggunakan

| 09 Feb 2024 07:31
Micellar Water untuk Kulit Sensitif: Cara Kerja, Efektivitas, dan Panduan Menggunakan
Micellar water untuk kulit sensitif (unsplash)

ERA.id - Efektivitas micellar water untuk kulit sensitif memang tidak dapat diremehkan lagi, lantaran diklaim sebagai solusi lembut untuk membersihkan wajah dari kotoran, minyak, dan makeup tanpa menyebabkan iritasi.

Kini micellar water telah mendapatkan tempat istimewa dalam rutinitas kecantikan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi manfaat dan kecocokan micellar water khususnya untuk kulit sensitif.

Apa Itu Micellar water?

Micellar water merupakan produk perawatan kulit yang terdiri dari air murni, humektan seperti gliserin, dan surfaktan ringan.

Humektan pada micellar water berfungsi untuk menarik dan mengikat kelembaban pada kulit, sedangkan surfaktan adalah pembersih yang menghilangkan kotoran.

Micellar water mengambil namanya dari micelles, yang merupakan gugus bulat molekul. Dalam micellar water, micelles terdiri dari molekul-molekul surfaktan, yang berikatan dan menangkap minyak. Micellar water banyak digunakan untuk:

  • Menghapus riasan
  • Membersihkan kulit
  • Menambah kelembaban

Manfaat Micellar Water untuk Kulit Sensitif

  1. Membersihkan Wajah

Micellar water adalah jenis pembersih yang memungkinkan Anda membersihkan wajah dengan lembut dari kotoran yang menumpuk di kulit, termasuk makeup, kotoran, dan minyak.

Adalah hal penting untuk membersihkan makeup dan kotoran pada akhir setiap hari, karena mereka dapat menyumbat pori-pori.

Meskipun setiap pembersih dapat membantu seseorang menghindari ini, tetapi micellar water dapat membersihkan wajah bahkan jika seseorang tidak dapat mencucinya dengan air mengalir. Anda hanya memerlukan produk micellar water dan kapas.

  1. Hidrasi Kulit

Micellar water mengandung senyawa yang menghidrasi, seperti humektan. Humektan adalah senyawa pelembab yang dapat menarik air ke lapisan luar kulit dari dalam kulit dan udara di sekitarnya.

Dalam sebuah studi tahun 2016, para peneliti mencatat bahwa gliserin adalah humektan paling efektif yang tersedia dan dapat meningkatkan hidrasi di lapisan atas kulit.

Selain itu, gliserin juga memiliki efek bermanfaat pada perbaikan penghalang kulit. Perlu diketahui jika penghalang kulit sangat penting untuk menjaga hidrasi dan melindungi tubuh dari kerusakan lingkungan dan infeksi.

Micellar water mengandung senyawa yang menghidrasi kulit wajah (unsplash)
  1. Cocok untuk Kulit Sensitif

Micellar water cocok untuk semua jenis kulit. Sebuah studi tahun 2020 menyimpulkan bahwa micellar water bahkan cocok untuk orang-orang dengan rosacea, selama tidak mengandung iritan.

Orang-orang dengan kulit sensitif atau rosacea dapat mencari micellar water yang tidak mengandung:

  • alkohol
  • wewangian
  • minyak esensial

Selain itu, micellar water yang dijumpai di pasaran juga mengandung bahan yang menenangkan seperti gliserin, yang dapat mengurangi iritasi. Sebuah studi pada hewan menunjukkan bahwa gliserin topikal dapat mengurangi iritasi kulit dan mengurangi penanda peradangan.

Namun, karena studi ini melibatkan tikus daripada manusia dan tidak secara khusus menguji micellar water itu sendiri, maka belum jelas apakah micellar water juga akan memiliki menenangkan.

Cara Menggunakan Micellar Water

Micellar water dapat digunakan sebagai penghapus makeup, pembersih wajah, atau toner. Untuk menggunakannya cukup mudah, berikut urutannya:

  • buka penutup botol micellar water dan tekan kapas ke pembukaan
  • Miringkan botol agar cairan cukup untuk menuangkan ke kapas
  • kemudian usap lembut kapas tersebut ke wajah

Jika diperlukan, Anda dapat mengulangi beberapa langkah di atas sampai kapas bersih dan tidak menunjukkan adanya makeup atau minyak.

Selain micellar water untuk kulit sensitif, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi