Apa Itu Ceramide: Pengertian, Manfaat, dan Efek Sampingnya

| 22 Jun 2024 07:10
Apa Itu Ceramide: Pengertian, Manfaat, dan Efek Sampingnya
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

ERA.id - Pada saat ini, sejumlah produk perawatan kulit atau skincare sudah terdapat kandungan ceramide. Bahan ini diyakini mampu meremajakan kulit dan menjadikan warna kulit lebih merata hingga cerah.

Lantas, apa itu ceramide? Apa saja manfaat dan efek samping yang dihasilkan? Untuk selengkapnya, simak ulasannya di sini.

Apa itu Ceramide?

Melansir Medical News Today, ceramide adalah molekul lipid yang berfungsi penting dalam struktur dan fungsi pelindung kulit, di antaranya mencegah hilangnya kelembaban dan sebagai pelindung kulit dari radikal bebas.

Secara natural, tubuh memproduksi ceramide, tetapi seiring dengan pertambahan usia, kadar ceramide di kulit semakin berkurang. Kadar ceramide yang menurun menjadikan kulit lebih kering, sensitif, atau timbul masalah kulit lainnya.

Ilustrasi apa itu ceramide. (Polina Kovaleva/Pexels)

Manfaat ceramide pada kulit

Mengutip laman Byrdie, di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bahan ceramide:

1. Mengunci kelembapan

Penghalang kulit yang sehat akan menahan kelembapan dan mencegah terjadinya kehilangan air yang berisiko menyebabkan kulit mengering.

2. Mengembalikan pelindung kulit

Kehilangan kadar ceramide, baik yang disebabkan oleh penuaan, penggunaan exfoliant yang berlebihan dan sabun keras yang mengikis kulit, atau hal lain, akan menyebabkan stratum korneum terganggu. Korneum adalah penghalang pelindung kulit. Jika pelindung penghalang kulit rusak, maka bakteri lebih rentan masuk melalui retakan kecil dan menimbulkan iritasi.

Kehadiran ceramide mampu mengisi kembali dan menjaga penghalang agar tetap sehat dan berfungsi dengan tepat.

3. Melindungi kulit

Ceramide juga berfungsi untuk melindungi kulit dari agresor lingkungan dan polusi.

Mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat

Jika kadar ceramide pada kulit cukup dan melembapkan, maka tanda-tanda penuaan yang terlihat akan berkurang.

Melembutkan dan memperhalus kulit

Ciri-ciri umum dari penghalang kulit yang terganggu antara lain kekeringan, pengelupasan, dan garis-garis halus karena dehidrasi. Dengan mengembalikan lipid yang hilang, maka hidrasi di kulit akan meningkat dan meningkatkan tampilan dan nuansa secara menyeluruh.

Menjadikan kulit lebih toleran terhadap bahan aktif

Fungsi lainnya, ceramide juga dapat melindungi dari bahan kimia yang Anda gunakan pada kulit yang cenderung menimbulkan iritasi.

Efek samping penggunaan ceramide

Belum diketahui efek samping dari Ceramide. Namun, reaksi alergi dan sensitivitas produk tetap harus dihindari dengan terlebih dahulu menguji sejumlah kecil pada kulit. Sebagai pelembap dan mengunci kelembapan, ceramide dapat bekerja paling baik jika diterapkan setelah aktivitas mandi.  

Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk menggunakan produk ini sebelum tidur. Setelah itu, dokter kulit mungkin akan menyarankan Anda untuk mengoleskan ceramide dua kali sehari.

Sebelum menggunakan skincare berbahan ceramide, sebaiknya gunakan pembersih terlebih dahulu, kemudian diikuti toner dan serum, serta simpan pelembab untuk langkah terakhir pada malam hari atau tepat sebelum SPF di siang hari.

Demikianlah ulasan tentang apa itu ceramide, manfaat, dan efek sampingnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi