Manfaat Pola Makan Vegan Bisa Bikin Mental Tetap Waras

| 23 Jul 2024 12:50
Manfaat Pola Makan Vegan Bisa Bikin Mental Tetap Waras
Ilustrasi pola makan vegan (Unsplash)

ERA.id - Pola makan vegan ternyata sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mental. Vegan merupakan pola makan yang sama sekali tidak mengonsumsi produk hewani apa pun. 

“Betul (menjadi vegan berhubungan dengan kesehatan mental),” kata Presiden of World Vegan Organisation (WVO) & Vegan Society of Indonesia (VSI), Dr. Susianto Tseng, M.K.M, saat konferensi pers virtual pada Senin (22/7/2024). 

Dokter Susianto mengatakan bahwa makanan-makanan dari nabati yang biasa dikonsumsi para vegan bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan mental, seperti depresi hingga rasa cemas. 

“Secara singkat kalau kita lihat definisi dari WHO sehat itu tidak hanya fisik, tapi juga sehat mental dan sosial. Makanan-makanan termasuk untuk vegan itu terbukti di banyak penelitian sangat bermanfaat untuk depresi, kemudian juga psychiatric problem, stress, dan juga rasa cemas,” jelasnya. 

Beberapa jenis makanan vegan yang terkenal membantu atasi masalah kesehatan mental adalah chamomile, yang biasa dijadikan teh. Kemudian cokelat, yang dikenal sebagai makanan pemberi kebahagiaan. 

“Beberapa yang dikenal di masyarakat seperti chamomile, cokelat, yang bahkan juga disebut sebagai hormon bahagia,” ungkapnya. 

Ketika seseorang mengalami tekanan dan stress, maka tubuh akan menghasilkan radikal bebas, yang bisa diatasi dengan antioksidan. Makanan yang mengandung antioksidan tinggi berasal dari tumbuhan, termasuk kacang-kacangan. 

“Ketika seseorang stress, maka dalam tubuh akan menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas ini kan sebenarnya bisa merusak jantung dan itu bisa dinetralisir dengan antioksidan. Ini bisa didapat dari sayur, buah, kacang-kacangan, dan juga biji-bijian,” pungkas Dokter Susianto. 

Rekomendasi