Manfaat Melibatkan Anak Mempersiapkan Kebutuhannya, Bantu Bangun Emosional yang Baik

| 26 Jul 2024 07:03
Manfaat Melibatkan Anak Mempersiapkan Kebutuhannya, Bantu Bangun Emosional yang Baik
Ilustrasi (Pexels)

ERA.id - Mengajak anak untuk terlibat mempersiapkan kebutuhan mereka ternyata sangat bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Salah satunya adalah dengan mengajak anak mempersiapkan kebutuhan sekolah mereka bersama.

Hal ini disampaikan oleh Child & Family Psychologist, Saskhya Aulia Prima M.Psi. Menurutnya dengan melibatkan anak dalam mempersiapkan kebutuhan akan mengajarkan mereka banyak hal.

“Ajak anak belanja, nge-prep (preparation) sendiri barang-barang yang dia butuhkan. Kalau nge-prep, itu belajar banyak hal,” ungkap Saskhya saat media briefing Mom & Kid Hang Out with MR.DIY, di kawasan Puri, Jakarta Barat, pada Kamis (26/7/2024).

Salah satu hal yang dapat dipelajari anak dari ikut mempersiapkan kebutuhannya adalah cara melakukan perencanaan dengan baik. Anak juga akan memiliki kesadaran mengontrol, menyusun prioritasnya, mengambil keputusan, hingga kesiapan mentalnya terbangun dengan baik.

“Anaknya planning sambil kita ngomong ‘di sekolah itu kamu butuh apa saja?’. Ketika dia memilih, sense of control-nya itu jalan, listnya juga jelas, kita batasnya juga jelas, itu mulai dari planning, desicion making, nyusun prioritas, sampai kesiapan mentalnya semuanya sudah kebangun,” jelasnya.

Ketika sudah mempelajari hal-hal tersebut sejak dini, maka kehidupan anak sudah akan lebih stabil. Emosional anak juga akan terjaga dengan baik, sehingga mereka nyaman melakukan kegiatan sehari-hari.

“Ini membantu kita menjembatani dia lebih stabil, lebih nyaman secara emosional sehari-harinya,” pungkas Saskhya Aulia.

Rekomendasi