Catat! Berikut Makanan yang Bisa Menurunkan Gairah Seks Pria

Tim Editor

Ilustrasi pria (Foto: Unsplash/Christian Erfurt)

ERA.id - Gairah seks dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah pola makan. Jadi ada masalah libido yang membuat Anda menderita, penting untuk melihat apa saja menu yang disantap. 

Kepada Livestrong, pakar kesehatan dokter Tasneem Bhatia mengatakan kehilangan libido dipengaruhi oleh beberapa hal. 

“Kehilangan libido dapat dikaitkan mulai dari defisiensi vitamin B, yang mempengaruhi produksi hormon secara umum. Defisiensi seng juga mempengaruhi produksi testosteron. Kekurangan asam lemak dapat memengaruhi produksi hormon secara keseluruhan,” ungkapnya.

Karena itu, vitamin berperan penting sebagai aliran darah dan fungsi organ yang lebih baik. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dengan vitamin A, E dan asam lemak omega-3, seperti stroberi organik, alpukat, dan ubi jalar yang dapat membantu menjaga libido yang sehat. 

Ada makanan tertentu yang memiliki efek sebaliknya. Dilansir dari Leaf TV pada Selasa (28/7/2020), berikut tujuh makanan yang 'membunuh' gairah seks pria:

1. Susu

Apa kamu termasuk laktosa intoleran? Ternyata, memiliki kondisi perut kembung dan berisi gas dapat mengurangi gairah seks siapa pun. Menurut Dr. Taz, banyak pria tidak menyadari bahwa mereka tidak toleran terhadap susu, sehingga terus mengonsumsinya yang mana berdampak negatif pada dorongan seksual mereka. 

"Membatasi produk susu dapat membantu mencegah gejala-gejala mematikan gairah seks Anda," jelasnya. 

Susu, es krim, dan keju semuanya termasuk dalam kategori ini. Jika kamu mengidap intoleransi laktosa, kamu bisa mencoba beberapa alternatif non-susu untuk melihat apakah efek sampingnya bertahan.

2. Alkohol

alkohol, anggur, balokAlkohol (Foto: Pexels/Chris F)

"Berlebihan mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan disfungsi ereksi, sehingga membuat gairah seksmu jadi menurun," ungkap Dr. Taz. 

Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS dan Departemen Pertanian AS, minum alkohol moderat hanya satu gelas sehari untuk perempuan dan dua gelas sehari untuk pria.

3. Popcorn

Popcorn memang kerap dijadikan sebagai camilan menonton film saat malam hari atau di akhir pekan. Namun, popcorn memicu dampak negatif untuk kehidupan seks pria. 

“Kita semua suka popcorn, tetapi lapisan dalam jenis popcorn mengandung asam perfluorooctanoic, pengganggu endokrin, dan dapat menurunkan kadar testosteron,” kata Dr. Taz.

Selain meredam gairah seks, bahan kimia ini juga memengaruhi perempuan. Penelitian menunjukkan bahwa asam perfluorooctanoic dapat berdampak negatif terhadap kesuburan perempuan. 

4. Stroberi

shallow focus photography of strawberries on person's palmStroberi (Foto: Unsplash/Artur Rutkowski)

Menurut list terbaru daftar Dirty Dozen dari Kelompok Kerja Lingkungan tentang buah-buahan dan sayuran yang paling banyak mengandung pestisida adalah stroberi berada ditingkat tertinggi dari makanan apa pun. Selain risiko kesehatan, seperti cacat lahir, penyakit parkinson dan kanker. Mengonsumsi bahan kimia potensial dalam varietas konvensional dapat berdampak negatif pada kehidupan seks Anda.

"Ingatlah untuk membeli (buah dan sayuran) organik. Pestisida ini adalah pengganggu endokrin yang meningkatkan estrogen, menurunkan testosteron," ujar Tas. 

5. Mint

Mengkonsumsi mint dapat menenangkan perut dan meringankan mulas, membantu meningkatkan fokus, menghilangkan batuk, dan bau mulut. Namun di sisi lain, mengonsumsi mint berdampak pada kehidupan seks. 

"Mentol dalam mint telah terbukti menurunkan testosteron," kata Dr. Taz. 

Teh Spearmint sebenarnya cocok untuk perempuan karena bisa menurunkan kadar testosteron yang tinggi. Terutama perlu meningkatkan produksi insulin atau punya kondisi yang disebut sindrom ovarium polikistik (PCOS).

6. Udang

Three Cooked Shrimps on CanUdang (Foto: Pexels/Dana Tentis)

Udang tergolong rendah kalori, tinggi protein, rendah merkuri dan menawarkan banyak vitamin dan mineral. Tetapi udang bukan makanan terbaik untuk kehidupan seks. 

Taz menjelaskan udang disemprot dengan 4-hexylresorcinol, yakni bahan kimia yang membantu menjaga warna mereka dapat meningkatkan estrogen dan menurunkan testosteron. 

Menurut studi Consumer Reports 2015, hampir 20 persen udang beku (baik mentah maupun dimasak) diuji positif untuk beberapa bakteri, termasuk vibrio dan E. coli. Hal ini dapat menyebabkan keracunan makanan, gejala diare dan dehidrasi. 

Adapun udang mentah disebut 60 persen mengandung satu dari empat jenis bakteri. Gejala keracunan makanan tidak akan membuatmu ingin berhubungan seks. 

7. Flaxseed

Selama lebih dari 5.000 tahun, flaxseed telah digunakan untuk manfaat penyembuhan dan kesehatan. Flaxseed  merupakan sumber asam omega-3 asam lemak esensial alfa-linolenat, phytochemical (lignan), serat makanan tinggi, magnesium, kalium, mangan, mineral fosfor, besi dan tembaga. 

Namun, para pria harus berpikir dua kali sebelum menaburkan pada semua yang mereka makan. 

"Flaxseed mengandung lignin dan serat, yang membantu memetabolisme estrogen, tetapi mungkin dalam jumlah besar menurunkan testosteron," ungkap Tas.

Dia menyarankan untuk membatasi konsumsi satu hingga dua sendok teh beberapa kali per pekan. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan manfaat serat untuk membantu mencegah risiko penyakit jantung tetapi tetap menghindari efek samping penurun testosteron.

Tag: makanan seks

Bagikan: