7 Bahan Makanan Ini Bisa Berubah Jadi Racun Saat Dimasak

Tim Editor

Makanan Ini Bisa Berubah Jadi Racun Saat Dimasak (Foto: Unsplash/Kevin McCutcheon)

ERA.id - Tahukah Anda, jika bahan makanan yang t dimasak terlalu lama atau menerapkan teknik memasak yang tidak tepat bisa mengubah makanan menjadi beracun?

Hal ini mungkin tidak memengaruhi rasa makanan, tapi ini menunjukkan efek kesehatan dikemudian hari. Misalnya pemanasan makanan berulang atau mengubah sisa makanan menjadi makanan baru yang memengaruhi kesehatanmu. 

Kamu perlu mewaspadai makanan tertentu yang dapat berubah menjadi racun saat dimasak. Beberapa bahan makanan dapat berubah jadi racun saat dimasak. Dilansir dari boldsky pada Senin (14/9/2020), berikut daftar makanan yang dapat berubah jadi racut saat dimasak:

1. Nasi

rice with sesame in black bowlNasi (Foto: Unsplash/Mgg Vitchakorn)

Setelah memasak nasi, jangan simpan nasi dengan terbuka pada suhu kamar untuk mendinginkannya. Pasalnya, nasi yang dimasak rentan terhadap pembentukan bakteri yang dapat menyebabkan sakit perut dan masalah terkait pencernaan lainnya. Sebagai gantinya, kamu bisa menyimpan nasi dalam wadah kedap udara setelah memasaknya nanti. 

2. Minyak Goreng 

Seringkali, orang melakukan kesalahan dengan memanaskan kembali minyak goreng yang sudah dimasak berulang-ulang. Ini adalah teknik memasak yang tidak tepat dan memanaskan kembali minyak goreng yang sama bisa mengurangi nilai nutrisi dan menyebabkan masalah pencernaan.

3. Kentang

Close Up Photo Of Deep Fried PotatoesKentang (Foto: Pexels/Kei Photo)

Sama seperti nasi, kentang yang dimasak tidak boleh dibiarkan pada suhu kamar, karena kentang sangat rentan terhadap pembentukan bakteri. Sebaiknya, jangan sesekali memanaskan kembali kentang, karena bisa berbahaya bagi tubuh setelah kamu mengkonsumsinya.

4. Roti Bakar 

Tahukah kamu memakan roti bakar bisa berdampak buruk bagi kesehatanmu.  Setelah membakar roti, toksin yang disebut akrilamida dilepaskan, yang dapat menyebabkan masalah perut dan gangguan pencernaan.

5. Popcorn 

popcorn being poured from cupPopcorn (Foto: Unsplash/Lynda Sanchez)

Jika kamu memiliki kebiasaan membuat popcorn dalam microwave, maka kamu harus menghentikannya. Itu karena microwave mengandung asam perfluorooctanoic, yang terbukti berbahaya bagi tubuhmu. 

6. Sayuran mengandung nitrat 

Sayuran nitrat tinggi seperti seledri, bayam dan bit dapat berubah menjadi racun bila terkena panas. Saat memanaskan kembali sayuran ini, mereka melepaskan sifat karsinogenik yang membuat makanan tersebut menjadi beracun. Ini cukup berbahaya bagi kesehatanmu.

7. Ayam

Chicken Grill on White Tray Near Green Leaf Vegetable FoodAyam (Foto: Pexels/Omar Mahmood)

Saat ayam menjadi dingin atau didinginkan, komposisi protein yang ada di dalam ayam berubah. Jika ayam dipanaskan ulang untuk kedua kalinya, hal ini dapat menyebabkan masalah pencernaan dan masalah kesehatan lainnya.

Tag: kesehatan keracunan makanan

Bagikan: