Selain Penanganan Medis, Cara Ini Dapat Meredakan Penderitaan Pasien Kanker Payudara

| 30 Sep 2020 17:30
Selain Penanganan Medis, Cara Ini Dapat Meredakan Penderitaan Pasien Kanker Payudara
Ilustrasi pelukan (Foto: Pexels/ Tani Eisenstein)

ERA.id - Bagi para pengidap kanker payudara, dukungan dari lingkungan sekitar, seperti keluarga, teman, kerabat sangatlah penting. Secara krusial, mereka menjadi proses pengobatan pasien kanker payudara metastis. 

Ini menyangkut berbagai aspek, mulai dari kondisi fisik, emosional, sosial, keseharian, hingga aspek keuangan yang dihadapi pasien. Bagi sebagian besar pasien, diagnosis kanker metastasis sangat menegangkan dan terkadang  sulit ditanggung sendiri. 

Pasien dengan kanker stadium lanjut seperti kanker payudara metastasis, memiliki pilihan pengobatan jangka panjang yang dapat mempertahankan kualitas hidup yang baik. Namun harus mendapatkan dukungan perhatian dan psikososial guna membantu mengatasi tekanan psikologis pasien dan membantu kesembuhan pasien tersebut.

DR. dr. Cosphiadi Irawan, spesialis Penyakit Dalam Hematologi & Onkologi Medik mengakui keberadaan dukungan keluarga maupun kerabat, sangat penting untuk kesembuhan pasien pengidap kanker payudara. 

“Aktivitas seorang caregiver sangat penting sebagai faktor penunjang penyembuhan pasien kanker payudara metastatis selama pelaksanaan perawatan di rumah untuk melanjutkan terapi yang dianjurkan oleh dokter dan setelah dirawat di rumah sakit oleh perawat,” ungkapnya lewat webinar Pfizer Caregiving Kanker Payudara pada Rabu (30/9/2020).

Selain itu, Ketua Makasar Cancer Care Community (MCCC) DR Dra. Nurlina Subair mengatakan jika caregiving bisa dilakukan oleh orang-orang disekitar.

“Caregiving dapat dilakukan oleh siapa saja dengan memahami cara pelaksanaannya, baik oleh suami, anak yang sudah dewasa, orang tua, saudara lainnya, teman ataupun tetangga, sepanjang dipelajari untuk meredakan penderitaan dan meningkatkan kualitas hidup dari pasien dan keluarganya, serta membantu meningkatkan kehidupan psikososial dari pasien,” ungkapnya. 

Tags : kesehatan kanker
Rekomendasi