Gak Doyan Sayur? Ini 5 Tips Menikmati Sayuran Tanpa Rasa Tersiksa

| 18 Feb 2021 07:00
Gak Doyan Sayur? Ini 5 Tips Menikmati Sayuran Tanpa Rasa Tersiksa
Ilustrasi makanan sehat (Foto: at-rx.com)

ERA.id - Sayur merupakan makanan yang mengandung banyak gizi dan baik untuk kesehatan. Tetapi tak bisa dipungkiri bahwa tak semua orang menyukai makanan yang satu ini. Meskipun begitu, mengonsumsi sayur sangatlah diperlukan karena kandungan gizi serta seratnya diperlukan oleh tubuh.

Nah bagi kamu yang tidak doyan sayur, berikut beberapa tips yang dilansir dari Hufpost, Kamis (18/2/2020) bisa diterapkan dapat memakannya tanpa merasa tidak tersiksa.

1. Campur sayur dengan makan favorit

Setiap orang pasti memiliki paling tidak satu hingga dua makanan favorit. Agar tidak merasa terbebani mengonsumsi sayur secara langsung, kamu bisa mecampurkan sayur ke dalam kesukaanmu. 

Tambahkan irisan sayur ke dalam makanan favoritmu ketika memasaknya. Tidak harus banyak, mulailah dengan memasukkannya sedikit demi sedikit. Jika ini terus dilakukan, kamu akan terbiasa dan kemudian mulailah untuk menambahkan jumlah sayurnya ataupun menambahkannya ke dalam makanan lainnya.

Ilustrasi makanan sehat (Foto: britannica.com)

2. Buat sayur sebagai camilan

Kamu suka nyemil? Yuk coba untuk membuat sayur menjadi camilan sehari - hari. Ada beberapa jenis sayur yang bisa dibuat sebagai camilan, seperti bayam, brokoli, hingga terung.

Ketiga jenis sayur tersebut bisa diolah dengan digoreng menggunakan adonan tepung dan dijadikan keripik. Ini akan menghasilkan sayur yang gurih dan beda dari biasanya. Dengan melakukan ini, memakan sayur tidak lagi menjadi masalah dan bisa setiap hari.

3. Masak sayur dengan berbagai bumbu

Banyak orang yang tidak menyukai sayur karena rasanya yang hambar dan terkadang cenderung pahit. Untuk mengatasi hal ini, masaklah sayur dengan mencampurkan berbagai macam bumbu atau rempah.

Seperti menambahkan lada, ketumbar, ataupun rempah lainnya pada saat menumis sayur. Dengan ini olahan sayur akan terasa lebih nikmat, memiliki varian rasa yang berbeda dan tidak hambar.

4. Buat sayur menjadi minuman

Jika masih terasa berat untuk mengonsumsi sayur begitu saja, buatlah sayur menjadi jus ataupun smoothies yang nikmat. Campurkan sayur dengan berbagai macam buah - buah kesukaan untuk mengurangi rasa khas dari sayurnya. Pada saat memblendernya usahakan untuk tidak menggunakan gula atau gantilah dengan madu agar kandungan gizi yang diterima oleh tubuh menjadi lebih maksimal.

Ilustrasi makanan sehat (Foto: grit.com)

5. Mulailah dengan makan sayuran yang disuka

Untuk menyukai suatu hal ataupun terbiasa akan suatu keadaan, diperlukan sebuah proses yang dilakukan secara perlahan. Sama halnya dalam membiasakan diri mengonsumsi sayur. Mulailah dengan mengonsumsi sayur yang kamu suka atau yang masih dapat kamu tolerir rasanya.

Coba ingat kembali sayur apa saja yang tidak membuat kamu merasa tersiksa saat mengonsumsinya. Makanlah sayur tersebut secara rutin dalam beberapa jangka waktu, nantinya kamu akan terbiasa akan rasa sayur dan mulai memakan jenis sayuran lainnya.

Mengonsumsi sayur memang bukanlah sebuah keharusan, tetapi dengan mengonsumsinya tubuh akan mendapat lebih banyak gizi dan menjadi lebih sehat. Dengan menerapkan tips di atas, kamu akan tetap dapat menikmati sayur meskipun tidak menyukainya. Yuk cobain sekarang.

Rekomendasi