Backlist Buku Diet Tya Ariestya Karena Abaikan Sayur, Yulia Baltschun: RIP Dunia Gizi Indonesia

Tim Editor

Tya Ariestya (Foto: Instagram/@tya_ariestya)

ERA.id - Artis Tya Ariestya tengah menjalani diet untuk membantunya menjaga berat badan tubuh yang ideal. Perjuangannya dalam menurunkan berat badan dituangkan melalui bukunya berjudul 'The Journey of Fit Tya Ariestya'.

Bintang film I Love You Masbro ini berhasil menurunkan berat badan 22 kilogram dalam waktu 4 bulan. Namun, cara dietnya menuai kontroversi sebab menurut pakar ada beberapa cara yang tak sesuai dengan anjuran kesehatan

Tya Ariestya rupanya tidak mengonsumsi sayur selama diet, bebas makan garam, dan diet yang sangat rendah kalori. Pernyataan dalam buku yang ditulis ibu dua anak ini menuai kritik ahli gizi. 

Melalui akun Twitter @gizipedia_id, ahli gizi Hafizha Anisa, S.Gz memberikan kritikan pedas untuk buku diet Tya Ariestya yang dianggap membahayakan kesehatan.

Selain itu, influencer spesialis fitnes dan diet, Yulia Baltschun mengatakan buku diet tersebut harus dibacklist. Pentolan MasterChef Indonesia ini mengatakan anjuran diet Tya Ariestya terbilang membahayakan kesehatan.

"Diet Tya Ariestya blacklist aja," tulisnya di Instagram pada Rabu (3/3/2021).

"Capek deh... diet extrim lahir melulu! Tahun 2021 ketika manusia harusnya lebih kritis eh... masih aja ada yang mau rela kalori defisit extrim demi kurus," lanjutnya.

Yulia Baltchun juga bingung karena kurus yang didapatkan Tya Ariestya itu dialami bagi seseorang yang mengalami eating disorders atau gangguan makan. Sebagai penutup, Yulia Baltchun merasa prihatin dengan dunia gizi di Indonesia. 

"Gemas deh!! Betapa kejamnya manusia yang publish diet extrim dan berkelit atau beropini bilang itu aman padahal jelas-jelas enggak aman," ungkap Yulia Baltchun.

"RIP DUNIA GIZI & DIET INDONESIA :(," tutupnya.

Tag: Tya Ariestya Yulia Baltschun kesehatan makanan sehat diet sehat

Bagikan: