Enak tapi Mengerikan, Berikut 6 Jenis Makanan dan Minuman yang Efeknya Bikin Emosi hingga Marah-Marah

Tim Editor

Ilustrasi pria (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

ERA.id - Apakah kamu setuju bahwa makan sehat dan olahraga membuat bahagia? Tetapi, ada beberapa makanan yang dapat merusak suasana hati dan membuat kamu mudah tersinggung dan gampang marah.

Menurut ahli gizi, Neha Raheja, ini karena ada sejumlah makanan yang dapat mengobarkan emosimu. Jika kamu mengonsumsi sejumlah makanan ini, maka kamu mudah marah dan cepat tersinggung. Berikut 6 makanan dan minuman yang bikin kamu selalu marah, seperti dilansir dari Thehealthsite.

1. Makanan Pedas

Makanan pedas (Foto: Pexels/Valeria Boltneva)
Makanan pedas (Foto: Pexels/Valeria Boltneva)

Jauhi makanan pedas terutama saat kamu stres karena tidak akan dapat memproses makanan juga, karena metabolisme yang melambat. Hal ini dapat menyebabkan refluks asam, dan membuatmu mudah tersinggung. Mereka juga dapat menghasilkan efek pemanasan di tubuh dan membuatmu rewel.

2. Lemak Trans

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of California menemukan bahwa semakin banyak lemak trans yang kamu konsumsi, semakin membuatmu marah. Hal ini karena lemak trans mengganggu metabolisme asam lemak omega 3 yang membuat kita tetap seimbang. Kekurangan omega 3 dalam tubuh harus agresif. Jadi hindari semua makanan yang digoreng.

3. Minuman Berkafein

Minuman berkafein (Foto: Pexels/Kate Amos)
Minuman berkafein (Foto: Pexels/Kate Amos)

Minum terlalu banyak kopi atau teh sepanjang hari, terutama menjelang waktu tidur dapat mengganggu kualitas tidur, membuatmu marah dan mudah tersinggung. Nikmati secangkir kopi terakhir selambat-lambatnya 3 jam sebelum tidur.

4. Makanan Olahan

Semua kue kering, keripik, dan pasta mungkin membuatmu merasa baik untuk sesaat, tetapi itu hanya sebentar. Makanan olahan menyebabkan lonjakan tiba-tiba kadar gula darah yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan juga membuat marah.

5. Permen Karet dan Permen

Permen karet (Foto: Pexels/YURI MANEI)
Permen karet (Foto: Pexels/YURI MANEI)

Makan permen karet dan permen buatan dapat memperburuk masalah pencernaan yang berhubungan dengan stres, yang pada gilirannya dapat menyebabkan iritabilitas.

6. Alkohol

Alkohol merangsang pelepasan kortisol, dan alkohol serta stres dan kemarahan saling memberi makan. Ini juga mempengaruhi sistem saraf dan dapat membuatmu gelisah dan agresif.

 

Kami juga pernah menulis soal Jangan Sampai Kena Covid-19 Varian Omicron, Hindari 7 Makanan Ini Karena Bisa Menurunkan Imunitas Kamu bisa baca di sini

 

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

Tag: makanan makanan sehat rekomendasi makanan

Bagikan: