Jalan Buat Napas 2, Novel Pengembangan Diri dari Raiy Ichwana

| 03 Apr 2022 09:23
Jalan Buat Napas 2, Novel Pengembangan Diri dari Raiy Ichwana
Ust

ERA.id - Novelis Raiy Ichwana kembali menyapa para pembaca setianya yang disapa Rekan Semesta, pada bulan ini, April 2022.

Usai menerbitkan "Jalan Buat Napas" yang dirilis pada 19 Agustus 2021, respons pembaca yang luar biasa membuat Raiy memutuskan untuk menghadirkan sekuelnya.

Sama seperti buku pertamanya, "Jalan Buat Napas 2" terbit terlebih dahulu dalam format cerita bersambung, melalui platform Storial.co dan milis digital pada awal tahun 2021.

Kembali mengangkat genre pengembangan diri, buku kedua Jalan Buat Napas akan kembali menghadirkan tokoh Abdi dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dadakan pada masa pandemi COVID-19. Bila di buku pertama, Abdi bertemu sejumlah tokoh yang berperan menghadirkan produk keripik "Rauk", "Jalan Buat Napas 2" akan mempertemukannya dengan Nona yang merupakan tokoh baru.

Dalam peluncuran buku, sekaligus bincang-bincang bersama Semut Merah Kaizen melalui Instagram Live, Kamis (31/4/22) Raiy mengungkapkan sosok Nona yang akan ditonjolkan dalam buku "Jalan Buat Napas 2".

"Nona ini adalah pengusaha travel yang mendadak membuka butik di rumahnya. Abdi hadir untuk membidani lahirnya butik tersebut, mulai dari merek hingga segmen dan konsep pemasarannya," kata Raiy.

Tak hanya membahas perjuangan Nona yang menjadi pelaku UMKM dadakan, Raiy mengatakan buku ini akan mendalami kisah hidup Nona yang bersinggungan dengan isu kesehatan mental.

Ia berpesan, saat membaca bukunya nanti para pembaca diharapkan mengikuti kisahnya dengan bijak dan tidak terpancing emosi dengan cerita yang ditulisnya. Sebab, kisah buku ini sudah dilebur dengan imajinasi Raiy sebagai penulis untuk mendramatisasi kisah Nona.

"Makanya disebut dengan novel karena kisahnya sudah tidak 100 persen murni nyata. Ada campuran imajinasi penulis supaya lebih seru," ungkapnya, Sabtu (2/4).

Raiy menuturkan, pembaca tetap bisa mengikuti kisah Abdi yang bertemu dengan Nona, tanpa perlu mengikuti buku pertamanya. Buku pertama, menurutnya, hanya pengenalan singkat seputar latar belakang tokoh Abdi sebagai sosok yang kerap membantu pelaku UMKM dalam menjalankan bisnisnya.

Lebih lanjut, Raiy mengatakan "Jalan Buat Napas 2" merupakan naskah yang rampung sama cepatnya seperti buku pertama.

"Risetnya mulai Juni sampai Juli 2020, ditulis Agustus, Maret 2020 terbit versi digital. 2021, rilis versi cetak "Jalan Buat Napas 1" duluan terus lanjut "Jalan Buat Napas 2" masuk meja penerbit Januari 2022, terus siap rilis versi cetak April ini," tuturnya.

Kini novel "Jalan Buat Napas 2" memasuki tahap pra pemesanan di toko buku daring sebelum nantinya masuk toko buku luring. Periode pra pesan telah dibuka sejak 25 Maret lalu hingga 8 April mendatang.

Fancast Tokoh Abdi

Setiap tokoh yang hadir dalam sebuah buku, pasti akan memunculkan imajinasi para pembaca soal siapa yang cocok untuk menjadi tokoh tersebut jika divisualisasikan, alias fancast. Begitu pula buku "Jalan Buat Napas" karya Raiy Ichwana.

Tokoh Abdi yang akan muncul di kedua bukunya, banyak dibayangkan pembaca cocok untuk dilakoni oleh aktor Jerome Kurnia bila difilmkan. Menurut mereka, sosok aktor pemenang Piala Citra 2021 untuk kategori Aktor Pendukung Pria Terbaik itu sangat sesuai dengan penggambaran tokoh Abdi di benak mereka.

Desakan para pembaca agar Jerome yang memerankan Abdi jika "Jalan Buat Napas" difilmkan pun, membanjiri kolom komentar unggahan Instagram @raiy_ichwana, saat Raiy berfoto bersama Jerome. Menyikapi hal ini, Jerome pun menerima dengan tangan terbuka jika tokoh Abdi memang berjodoh dengannya.

"Kayaknya karena aku nggak gitu percaya sama supranatural dan mistis, jadi mendingan jadi pembina UMKM (seperti Abdi). Bantu promosi dan lain-lain," ucap pemeran Tariq dalam film "Penyalin Cahaya" ini, dalam pernyataan yang disampaikannya secara virtual.

Rekomendasi