5 Koleksi Mobil Langka dan Mewah yang Pernah Dimiliki Ratu Elizabeth II, Jenis Ini yang Paling Favorit

| 09 Sep 2022 16:29
5 Koleksi Mobil Langka dan Mewah yang Pernah Dimiliki Ratu Elizabeth II, Jenis Ini yang Paling Favorit
Mobil Ratu Elizabeth II. (Foto: Otosia.com)

ERA.id - 5 jenis koleksi mobil langka dan mewah yang dimiliki Ratu Elizabeth II saat masih hidup menjadi salah satu informasi menarik untuk mengenang sang ratu Inggris ini. Pada hari Kamis 08 September 2022, Ratu Elizabeth II dikabarkan meninggal dunia pada umur 96 tahun di Istana Balmoral, Skotlandia.

Sebagaimana pemimpin kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II selalu hadir dengan keanggunan khas bangsawan. Tak hanya mengenai penampilan, Ratu ELizabeth II juga diketahui mempunyai selera otomotif yang cukup impresif. Hal ini ditunjukkan dari koleksi mobil yang dinilai cukup langka dan mewah yang kerap digunakan semasa hidupnya.

Ratu Elizabeth II menyetir mobil. (Foto: Otomotif.sindonews.com)

Dikutip dari GQ Magazine, koleksi mobil langka dan mewah milik Ratu Elizabeth II semasa hidupnya antara lain;

Alvis TD21 Series II Drophead Coupe

Pangeran Philip jatuh hati dengan mobil yang pada tahun 1961 diproduksi di ajang London Motor Show. Alvis TD21 merupakan salah satu koleksi mobil langka dan mewah Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip yang memiliki mesin enam silinder segaris berdaya 115 Tk.  

Dengan desain yang cukup unik, Alvis TD21 Series II Drophead Coupe tampil dengan warna merah dan atap cabriolet. Tak heran jika sang pangeran jatuh hati dan berniat untuk menambahkan ke dalam daftar koleksi mobilnya.  

Lagonda 3-litre Drophead Coupe

Lagonda 3-litre Drophead Coupe merupakan salah satu koleksi mobil langka dan mewah milik Ratu Elizabeth. Pada tahun 1954, mobil mewah ini diluncurkan, mobil ini terkesan luxury pada jamannya dengan warna dan desain yang unik.

Mobil ini dikendarai oleh Ratu Elizabeth II dengan Pangeran Philip saat prosesi peresmian M1 yang menjadi jalan raya pertama di Inggris pada tahun 1959.

Sayangnya, koleksi milik sang ratu ini sudah berpindah tangan. Pada tahun 2016, mobil ini sudah terjual dengan harga 50 ribu Poundsterling atau senilai Rp7 miliar.

Bentley State Limousine

Perusahaan mobil mewah asal Inggris ini juga menciptakan mobil jenis limosin sebagai hadiah untuk sang ratu. Jenis mobil ini dihadiahkan dalam rangka memperingati 50 tahun kenaikan tahta Ratu Elizabeth II.

Mobil dengan bekal mesin V8 6,75 liter ini sanggup menyemburkan daya hingga 400 Tk.

Bentley State Limousine. (Foto: motor1.com)

Rolls-Royce Phantom IV State Landaulet

Koleksi selanjutnya yaitu Rolls-Royce Phantom IV State Landaulet. Mobil mewah yang diluncurkan 1955 ini dinilai sebagai mobil yang paling mewah dan spesial dari deretan mobil Rolls Royce milik Kerajaan Inggris.

Mobil ini dilengkapi mesin 5.7 liter delapan silinder segaris, dan hanya diproduksi sejumlah 18 unit di dunia. Selama 43 tahun, Rolls-Royce Phantom IV State Landaulet mengisi hari-hari keluarga kerajaan, sebelum akhirnya pada tahun 2002 dikembalikan ke perusahaan asalnya.

Vauxhall Cresta PA Friary Estate

Vauxhall Cresta PA Friary Estate menjadi salah satu koleksi mobil langka dan mewah yang difavoritkan oleh sang ratu. Sebab mobil ini mempunyai desain yang cukup elegan dan mempunyai tampilan mewah dari cat berwarna imperial green.

Hingga saat ini, Vauxhall Cresta PA Friary Estate masih disimpan dalam garasi kerajaan di Sandringham.  

Vauxhall Cresta PA Friary Estate. (Foto: Flickr)

Demikianlah 5 koleksi mobil langka dan mewah yang pernah dimiliki Ratu Elizabeth II semasa hidupnya. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan para pembaca.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi