Siapa Kamala Harris 'The Next Obama'?

| 12 Aug 2020 18:09
Siapa Kamala Harris 'The Next Obama'?
Kamala Haris (Forbes)

ERA.id - Kamala Harris, Senator Amerika Serikat (AS) untuk wilayah California, makin diperbincangkan. Ia baru saja dipilih calon Presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, untuk menjadi calon wakil presiden di pemilu November mendatang.

Pemilihan itu menjadikan Kamala sebagai wanita kulit hitam dan keturunan Asia-Amerika pertama yang berhasil melaju ke pemilu AS. Jika Biden menang, Kamala akan menjadi Wapres AS wanita pertama di negara tersebut.

Selain dikenal sebagai anggota senat, siapa sebenarnya Kamala?

Kamala Devi Harris lahir pada 20 Oktober 1964 di Oakland, California. Ibunya, Shyamala Gopalan, adalah seorang ilmuwan kanker payudara yang beremigrasi dari Tamil Nadu, India pada 1960 untuk mengejar gelar doktor dalam bidang endokrinologi di UC Berkeley. Ayahnya, Donald Harris, adalah seorang profesor ekonomi emeritus Universitas Stanford, yang beremigrasi dari Jamaika Inggris pada 1961 untuk studi pascasarjana di bidang ekonomi di UC Berkeley. Biracial keturunan Tamil dan Afro-Jamaika, Kamala Harris mengidentifikasi dirinya hanya sebagai ‘warga Amerika biasa’.

Harris dibesarkan di Berkeley, California, dengan adik perempuannya, Maya Harris. Dia tumbuh di gereja Baptis kulit hitam dan kuil Hindu, sementara dia dan saudara perempuannya mengunjungi keluarga ibu mereka di Madras (sekarang Chennai), India, setiap ada kesempatan.

Harris menulis dalam memoarnya bahwa dia memahami sedikit bahasa Tamil. Ibunya menamainya “Kamala Devi” karena alasan agama, karena kedua kata tersebut berasal dari mitologi Hindu. “Kamala” adalah bahasa Sansekerta untuk “lotus”, dan juga adalah nama alternatif untuk Dewi Lakshmi. Sedangkan “Devi” adalah bahasa Sansekerta untuk “dewi” dan nama dewa wanita yang melindungi desa.

Ketika berusia 12 tahun, Harris dan saudara perempuannya pindah bersama ibu mereka ke Montreal, Kanada, di mana ibu mereka menerima posisi dalam sebuah penelitian di Rumah Sakit Umum Yahudi, dan mengajar di Universitas McGill. Kamla adalah seorang siswa yang populer di Westmount High School di Westmount, Quebec, dan lulus pada 1981.

Di Howard University, Washington, DC, Kamala mengambil jurusan ganda dalam ilmu politik dan ekonomi (BA 1986). Kemudian dia magang sebagai juru tulis ruang surat untuk senator California Alan Cranston, mengetuai masyarakat ekonomi, memimpin tim debat, berdemonstrasi menentang apartheid, dan bergabung dengan Perkumpulan Kappa Alpha.

Harris kembali ke California, di mana pada 1989 dia memperoleh gelar Juris Doctor dari Universitas California, Hastings College of the Law di San Francisco. Dia lulus ujian pengacara dan diterima di State Bar of California pada 14 Juni 1990.

Harris memulai karirnya di Kantor Pengacara Distrik Alameda County sebelum direkrut ke Kantor Jaksa Wilayah San Francisco dan kemudian kantor Pengacara Kota San Francisco. Pada 2003, ia terpilih sebagai jaksa wilayah ke-27 di San Francisco, dan menjabat hingga 2011. Harris terpilih sebagai Jaksa Agung California pada 2010, dan terpilih kembali pada 2014. Harris menghadapi kritik dari para reformis karena kebijakan keras terhadap sejumlah kejahatan yang dia tangani.

Pada November 2016, ia mengalahkan Loretta Sanchez dalam pemilihan Senat 2016 untuk menggantikan senator Barbara Boxer yang keluar. Dia menjadi senator wanita ketiga California, dan wanita Afrika-Amerika kedua, serta orang Asia Selatan-Amerika pertama yang bertugas di Senat AS. Dia mendapatkan profil nasional untuk interogasi tajamnya terhadap pejabat administrasi Trump selama sidang Senat, termasuk Jaksa Agung AS Jeff Sessions dan William Barr, serta calon Associate Justice Brett Kavanaugh.

Harris mencalonkan diri dalam nominasi Demokrat untuk Presiden Amerika Serikat pada pemilu 2020, sempat menjadi pelopor sebelum mengakhiri kampanyenya pada 3 Desember 2019, dengan alasan kurangnya dana untuk melanjutkan. Dia kemudia diumumkan sebagai cawapres Joe Biden untuk pemilihan presiden AS 2020, menjadi calon wakil presiden wanita ketiga AS dari Partai Demokrat, setelah Geraldine Ferraro dan Sarah Palin. Dia juga menjadi orang Afrika-Amerika pertama sekaligus orang Amerika keturunan Asia pertama yang dipilih sebagai cawapres.

Rekomendasi