Sudah Kita Duga, 'Pandemic' Jadi Kata Paling Populer di Tahun 2020

Tim Editor

Di tengah pandemim COVID-19, kata 'pandemic' menjadi kata terpopuler pada tahun 2020 menurut kamus daring Merriam-Webster. (Foto: Nick Bolton)

ERA.id - Kamus bahasa Inggris Merriam-Webster menganugerahkan titel Word of the Year, atau Kata Terbaik Tahun Ini, pada kata 'pandemic'. Dalam bahasa Indonesia kita tahu kata tersebut kerap diterjemahkan menjadi 'pandemi'.

Lewat situs resminya, Merriam-Webster mengatakan bahwa kata 'pandemic' mendapatkan jumlah pencarian paling banyak tahun ini, barangkali menyusul terjadinya pandemi COVID-19 yang telah merenggut 1,4 juta nyawa di seluruh dunia.

Bila diterjemahkan, kamus tersebut menerangkan pandemi sebagai "sebuah wabah penyakit yang terjadi di sebuah kawasan geografis luas (seperti lintas negara dan benua) dan biasanya berdampak pada sebagian besar populasi."

Pandemic di kamus
Caption

Kata tersebut memiliki akar kata 'pan' dari bahasa Yunani, yang berarti semua atau setiap, dan 'demos', yang berarti masyarakat, demikian terang kamus tersebut.

Dalam pernyataan perusahaan linguistik, yang didirikan pada tahun 1831, disebutkan bahwa "trafik pencarian atas kata pandemik meningkat pesat pada tahun 2020, meningkat hingga 115.806% pencarian dibandingkan dengan tanggal yang sama di tahun 2019."

Tahun lalu, kata yang paling populer adalah 'they', atau mereka dalam bahasa Indonesia, sebagai kata ganti untuk seseorang yang tidak mengidentifikasikan diri sebagai laki-laki ataupun perempuan. Secara berturut-turut, kata terpopuler pada 2018 adalah 'justice, 2017 'feminism', dan 2016 'surreal'.

Tag: pandemi COVID-19

Bagikan: