Survei Yomiuri: 61 Persen Warga Jepang Tolak Olimpiade Tokyo Juli Nanti

| 08 Feb 2021 14:07
Survei Yomiuri: 61 Persen Warga Jepang Tolak Olimpiade Tokyo Juli Nanti
Arsip foto - Lingkaran Olimpiade bersinar di depan National Stadium Tokyo, Jepang 22 2021. (REUTERS/KIM KYUNG-HOON)

ERA.id - Meski mayoritas warga Jepang tetap menentang penyelenggaraan Olimpiade musim panas ini -  dikarenakan pandemi COVID-19 - namun, jajak pendapat terbaru menunjukkan rasio penolakan cukup berkurang dari yang pernah diumumkan sebelumnya.

Jajak pendapat dari surat kabar Yomiuri, Senin, (8/2/2021) total 61 persen responden menginginkan Olimpiade ditunda atau dibatalkan sama sekali.

Angka tersebut 20 persen lebih rendah dari jajak pendapat sebelumnya.

Melansir ANTARA, jajak pendapat terakhir menunjukkan total hanya 36 persen responden yang mendukung penyelenggaraan Olimpiade Tokyo musim panas ini. Di antara mereka, 28 persen tidak ingin ada penonton di lokasi pertandingan sementara delapan persen sisanya mendukung pertandingan diselenggarakan dengan kehadiran penonton.

Olimpiade Tokyo 2020 mengalami penundaan karena pandemi COVID-19 dan dijadwalkan ulang untuk berlangsung tahun ini, mulai 23 Juli.

Sekitar 56 persen responden memperkirakan pandemi virus corona tidak berubah pada musim panas, sementara 37 persen melihat kemungkinan ada perbaikan dan tiga persen memperkirakan kondisi akan memburuk.

Sekitar 70 persen responden percaya vaksinasi akan membantu memperbaiki keadaan.

Rekomendasi