Kabar Buruk! Israel Sebut Vaksin Dosis ke-4 Tak Manjur Cegah Omicron

| 18 Jan 2022 10:44
Kabar Buruk! Israel Sebut Vaksin Dosis ke-4 Tak Manjur Cegah Omicron
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Israel menyatakan suntikan dosis ke-4 vaksin Covid-19 yang meningkatkan antibodi lebih tinggi tak cukup manjur cegah Omicron.

Berdasarkan studi dari Pusat Medis Sheba Israel telah menyuntikkan dosis penguat (booster) ke-2 pada uji coba di kalangan staf mereka dan meneliti efek booster Pfizer pada 154 orang setelah dua pekan.

Dikutip dari Antara, Booster Moderna juga diteliti pada 120 orang setelah sepekan, kata direktur Unit Penyakit Menular Gili Regev-Yochay.

Kelompok eksperimen itu dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan dosis ke-4. Partisipan kelompok Moderna adalah penerima dosis ke-3 vaksin Pfizer, kata pihak rumah sakit.

Dikutip dari Antara, Dosis ke-4 meningkatkan kadar antibodi "bahkan sedikit lebih tinggi dibanding dengan apa yang kami peroleh dari dosis ketiga," kata Regev-Yochay.

"Tetapi, ini mungkin belum cukup (melawan) Omicron," katanya kepada awak media. "Kini kami tahu bahwa kadar antibodi diperlukan untuk melindungi,  dan mencegah infeksi Omicron mungkin terlalu tinggi bagi vaksin, sekalipun itu vaksin yang bagus."

Sejumlah temuan yang diungkapkan oleh rumah sakit merupakan temuan pertama di dunia dan masih awal serta belum diterbitkan.

Israel menjadi yang tercepat dalam meluncurkan vaksinasi COVID-19 pertama tahun lalu dan pada Desember otoritasnya mulai memberikan dosis ke-4 alias penguat ke-2 bagi kelompok-kelompok paling rentan dan berisiko tinggi.

Kami juga pernah menulis soal Lembaga Eijkman Dilebur ke BRIN, Pengendalian Covid-19 jadi Terhambat? Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi