Jenis-Jenis Pasta Berdasarkan Bentuknya, Ada yang Sering Dijadikan Sop

| 04 Feb 2023 06:26
Jenis-Jenis Pasta Berdasarkan Bentuknya, Ada yang Sering Dijadikan Sop
Ilustrasi olahan jenis pasta spaghetti (freepik)

ERA.id - Pasta merupakan bahan makanan khas Italia yang disukai banyak orang Indonesia. Rasa yang cenderung gurih dan asin membuat pasta bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Jenis-jenis pasta ada banyak, salah satu yang populer di Indonesia adalah spaghetti.

Selain itu, masih banyak jenis pasta yang bisa Anda coba. Pasta terbuat dari terigu yang dicampur air dan telur dan memiliki banyak bentuk, ada yang pipih panjang seperti lembaran, ada bulat panjang seperti pipa, ada pula yang bentuknya unik. Dikutip Era dari Lotte, berikut adalah beberapa jenis pasta yang perlu Anda ketahui.

Jenis-Jenis Pasta Berdasarkan Bentuknya

1. Spaghetti

Seperti telah disampaikan, ini merupakan jenis pasta yang paling popukler di Indonesia. Spaghetti merupakan bahasa Italia, artinya adalah ‘tali’. Oleh sebab itu, pasta ini bentuknya lurus dan panjang.

Selain itu, Anda perlu tahu bahwa spaghetti memiliki beberapa jenis, seperti spaghettoni, spaghettini, dan alla chitarra. Bentuk dari jenis-jenis spaghetti ini sama, tetapi ketebalannya berbeda-beda. Berbagai kuliner bisa dibuat menggunakan spaghetti, salah satunya spaghetti aglio olio.

2. Fusilli

fusilli, salah satu jenis pasta (freepik)

Fusilli terbilang cukup umum di Indonesia. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan mudah di berbagai supermarket atau minimarket. Fusilli memiliki bentuk spiral yang pendek.

Pasta ini bisa dimasak menjadi beberapa jenis olahan, seperti fusilli carbonara, fusilli saus tomat, dan fusilli saus keju. Namun, salah satu olahan yang paling umum bagi Indonesia adalah menjadikan fusilli sebagai bahan tambahan pada sup. Uniknya, kadang orang Indonesia tidak tahu bahwa bahan makanan ini merupakan salah satu jenis pasta. 

3. Macaroni

Macaroni, salah satu jenis pasta (freepik)

Status macaroni di Indonesia mirip dengan fusilli, yaitu bahan makanan yang tidak disadari sebagai salah satu jenis pasta. Ini termasuk pasta yang terkenal di berbagai negara.

Bentuk macaroni terbilang khas, yaitu melengkung dengan dua lubang pada kedua ujung. Pasta ini bisa ditemukan dengan sangat mudah, bahkan di pasar tradisional dan warung penjual sayuran pun Anda bisa mendapatkannya.

Masyarakat Indonesia biasa menggunakan macaroni sebagai bahan tambahan sop layaknya fusilli. Selain itu, ada beberapa olahan kuliner yang bisa dihasilkan dari pasta ini, seperti macaroni schotel, mac n cheese, dan macaroni bolognese.

4. Penne

Penne merupakan pasta yang berbentuk lurus, pendek, dengan dua lubang  pada bagian ujung. Bagian ujung-ujung tersebut berbentuk runcing sehingga tampak seperti bambu runcing.

Jenis pasta ini juga termasuk populer di Indonesia dan mudah ditemukan. Beberapa jenis makanan yang bisa dibuat menggunakan jenis pasta ini adalah penne aglio olio, penne carbonara, creamy penne pasta, dan skillet penne with spinach.

5. Linguine

Jika spaghetti merupakan pasta yang mirip dengan mi, linguine merupakan pasta yang mirip dengan kwetiau. Bantuk linguine adalah pipih, panjang, dan tipis. Dalam bahasa Indonesia, linguine memiliki makna ‘lidah kecil’. Ada cukup banyak jenis linguine, antara lain bavette fini, radichini, dan trenette.

Jenis pasta ini juga bisa dimasak menjadi berbagai olahan. Beberapa kulier yang terbuat dari linguine adalah linguine vongole, crab n prawn linguine, dan artichoke linguine.

6. Farfalle

Ini merupakan pasta yang terbilang unik dan kurang umum bagi masyarakat Indonesia. Farfalle memiliki bentuk seperti dasi kupu-kupu dengan gerigi pada bagian tepinya. Selain itu, fargalle memiliki beberapa variasi warna, seperti merah muda dan hijau.

Jenis pasta ini juga bisa disebut dengan fiocconi, galla genovese, dan strichetti. Mengenai pengolahan, farfalle bisa dibuat menjadi creamy chicken farfalle, farfalle with tuna sauce, creamy farfalle salad, dan kuliner yang lain. 

Rekomendasi