Ibu-Ibu Wajib Tahu, Ini 6 Cara Menyimpan Cabe Agar Tahan Lama hingga Berbulan-bulan

| 16 Sep 2022 16:49
Ibu-Ibu Wajib Tahu, Ini 6 Cara Menyimpan Cabe Agar Tahan Lama hingga Berbulan-bulan
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

ERA.id - Salah satu bumbu dapur yang wajib ada di setiap rumah adalah cabai. Karena menjadi bumbu yang pokok, Anda harus menyimpannya dalam jumlah stok yang cukup. Oleh sebab itulah, Anda juga wajib memahami cara menyimpan cabe agar tetap awet dan bertahan sampai berbulan-bulan.

Ilustrasi penjual cabai. (Foto: Dok. Antara)

Jika cabai yang Anda simpan bisa bertahan dalam waktu yang lama, maka Anda pun dapat berhemat karena harga cabai berpotensi menjadi sangat mahal sewaktu-waktu. Oleh karena itu, Anda perlu memahami cara membuat cabai tetap segar meskipun disimpan lama.

Bagaimana Cara Menyimpan Cabe agar Tahan Lama?

Untuk menyimpan cabe dalam waktu yang lama, Anda hanya memerlukan wadah kering dan bersih. Untuk langkah spesifiknya, simak cara-cara berikut:

Segera keluarkan cabai dari dalam plastik

Saat Anda membeli cabai, pedagang tentu akan mewadahinya dengan plastik. Meskipun plastik memudahkan Anda membawa cabai sampai ke rumah, tetapi bahan plastik dapat membuat cabai lebih cepat membusuk.

Plastik tidak mempunyai sirkulasi udara yang baik, apalagi jika diikat dengan kuat. Sebab, bagian dalam menjadi lembap sehingga menjadikan cabai cepat membusuk. Oleh karena itu, saat Anda sudah sampai di rumah, segera keluarkan cabai dan pindahkan ke tempat lain.

Batang cabai segera dibuang

Cara menyimpan cabai agar tidak cepat busuk yaitu dengan segera membuang batangnya. Hal ini menjadi langkah pertama yang harus Anda lakukan setelah membeli atau memanen cabai. Sebab, tangkai menjadi salah satu alasan cabai menjadi lekas layu atau membusuk.

Namun, Anda harus tetap memperhatikan cara memotongnya. Anda dapat memanfaatkan gunting atau pisau kecil untuk memotong bagian batangnya. Meskipun demikian, tidak semua tangkai Anda potong, sisakan sedikit tangkai pada bagian bawahnya. Karena memangkas semua bagian tangkai juga akan mempercepat proses pembusukan pada cabai.

Jangan cuci cabai

Ketika membeli cabai di pasar, biasanya Anda merasa belum sepenuhnya bersih. Sehingga Anda segera mencuci cabai sebelum disimpan. Tapi tahukah Anda, langkah tersebut ternyata kurang tepat.

Jika Anda ingin menyimpan cabai tersimpan lama, Anda harus membuat cabai tetap kering. Berarti, Anda tidak boleh mencuci cabai yang belum segera digunakan. Sebab, air akan membuat cabai bertambah lembap dan proses pembusukan menjadi cepat.

Letakkan cabai dalam wadah kering dan tertutup

Anda harus menyediakan wadah yang bagus untuk cabai. Pilihlah tempat makan, bumbu, atau stoples yang mempunyai tutup yang rapat. Pastikan tempat tersebut tetap kering sehingga tidak menjadikan cabai menjadi lembap saat ditempatkan di dalamnya.

Selain itu, Anda perlu melakukan penataan cabai dengan rapi ketika disimpan dalam wadah tertutup tersebut. Pastikan Anda juga tidak menaruh terlalu banyak cabai di dalamnya. Sebab, hal ini malah akan menjadikan cabai cepat rusak dan bonyok.

Bungkus cabai dengan tisu kering

Langkah yang tepat untuk membuat cabai tetap tering saat disimpan dalam kulkas yaitu dengan melapisi tisu kering dalam wadahnya. Anda dapat menjadikan tisu kering Sebagai alas pada wadah cabai atau langsung membungkus cabainya.

Anda harus tetap memantau tisu tersebut dalam beberapa hari. Jika tisu menjadi basah karena suhu kulkas yang terlalu lembap, Anda dapat menggantinya dengan tisu yang baru.

Simpan cabai bersama bawang putih

Selain itu, Anda bisa menyimpan cabai dengan menyertakan bawang putih di dalam wadah penyimpanan agar menjadi awet berbulan-bulan. Tak perlu banyak, cukup satu atau dua siung bawang putih agar tidak terlalu banyak makan tempat.

Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung sifat antibakteri yang membuat cabai tidak gampang membusuk. Manfaat lainnya, bawang putih mampu menjaga rasa cabai agar tetap pedas walaupun sudah disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Demikianlah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan agar cabai yang disimpan bisa awet dan tahan lama. Selamat mencoba!

Baca artikel-artikel dan informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terbaru dari ERA, Media Terpercaya dan Pilihan Anda.

Rekomendasi