Cara Membersihkan Kepala Kambing Agar Sedap Disantap

| 06 Jul 2024 08:06
Cara Membersihkan Kepala Kambing Agar Sedap Disantap
Ilustrasi kepala kambing. (Pixabay)

ERA.id - Sebelum mengolah bagian kepala kambing, tentunya kita harus memahami cara membersihkan kepala kambing. Selain bagian dagingnya yang enak, bagian kepala kambing juga dapat dijadikan sebagai sajian yang lezat, misalnya tengkleng, gulai, tongseng sampai kresengan.

Dikutip dari buku yang berjudul Monggo Mampir – Mengudap Rasa secara Jogja, karya Syafaruddin Murbawono (2013:19), proses memasak kepala kambing membutuhkan ketekunan dan kesabaran sebab menghabiskan waktu yang cukup lama.

Mengolah kepala kambing sebagai sajian memang tidak semudah memasak bagian dagingnya. Dalam hal ini, kita diharuskan sabar untuk membersihkan bulunya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita mempelajari cara membersihkan kepala kambing melalui ulasan di bawah ini.

Ilustrasi olahan kepala kambing. (Pixabay)

Cara Membersihkan Kepala Kambing

Berikut merupakan cara membersihkan kepala kambing sebelum Anda olah dengan mudah untuk disajikan sebagai hidangan istimewa.

  • Bersihkan Bulunya

Membersihkan bulu kepala kambing dapat Anda lakukan dengan cara direbus sampai matang. Ketika melakukan perebusan kepala kambing, sebaiknya dibolak-balik agar semua bulu pada bagian kepala kambing terendam air panas.

Setelah matang, Anda bisa angkat kepala kambing untuk selanjutnya ditiriskan. Kemudian, bulu kambing dapat dibersihkan dengan cara dicabut cukup dengan menggunakan tangan. Agar waktu dapat dipersingkat, Anda bisa melakukannya dengan cara dikerok menggunakan cutter atau pisau tajam.

  • Bakar Kepala Kambing

Selain dengan cara merebus, membersihkan bulu kepala kambing juga dapat Anda lakukan dengan cara dibakar. Bakarlah kepala sampai semua bagian terkena api. Setelah cukup gosong, angkat kepala kambing dan selanjutnya bersihkan dengan cara dikerok menggunakan pisau yang tajam.

Cara ini juga efektif untuk menghilangkan bulu-bulu halus yang menempel pada kepala kambing. Putar dan keriklah setiap bagian kepala kambing hingga semua bulunya benar-benar bersih.

  • Cuci Kepala Kambing

Selanjutnya Anda bisa mencuci kepala kambing hingga bersih setelah semua bulu sudah tercabut. Mencuci kepala kambing dapat Anda lakukan di dalam ember. Selanjutnya masukkan kepala kambing ke dalam ember yang berisi air sambil dibersihkan dengan cara manual/tangan.

Setelah kepala kambing cukup bersih, selanjutnya gunakan air mengalir untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel di kepala kambing. Anda dapat memastikan setiap bagian kepala kambing terbasuh aliran air.

  • Rebus Kepala Kambing

Biasanya, kepala kambing akan mengeluarkan bau yang prengus, terlebih ketika dibakar pada saat proses pembersihan bulu. Untuk menghilangkan bau prengus tersebut, Anda dapat merebus kembali kepala kambing yang sudah Anda bersihkan.

  • Potong-potong Sebelum Anda Masak

Setelah aroma prengus tidak tercium, Anda dapat memotong-motong kepala kambing beberapa bagian untuk selanjutnya diolah. Umumnya, dipotong menjadi beberapa bagian. Selain itu, Anda juga bisa mengeluarkan bagian tertentu, misalnya mata, lidah dan telinga.

Bagi sebagian orang, mungkin bagian tersebut terkesan tidak lazim untuk dikonsumsi, tetapi bukan berarti bagian tersebut tidak dapat dikonsumsi. Setelah dipisahkan, bagian mata, lidah dan telinga kembali dibersihkan dengan air bersih.

Selain itu, otak kambing juga dapat Anda konsumsi. Namun, pastikan pembuluh darah dan selaput otak sudah Anda singkirkan. Sementara bagian-bagian lain cukup Anda cuci dengan air baru dan selanjutnya dapat Anda olah menjadi berbagai hidangan dalam bentuk gulai, tengkleng, krengsengan dan lainnya.

Itulah ulasan tentang cara membersihkan kepala kambing yang dapat Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi