3 Fakta Hot Pot, Makanan Rebusan Khas Tiongkok yang Sudah Ada Sejak 1.000 Tahun Lalu

Tim Editor

Ilustrasi hot pot. (Foto: mashed.com)

ERA.id - Bagi kamu para pecinta kuliner khas Tiongkok pasti tak asing dengan sajian kuliner hot pot atau steamboat. Makanan rebusan yang terdiri dari berbagai macam bahan yang dicampur dengan kaldu khas ini ternyata memiliki sejumlah fakta menarik lho.

Mulai dari sejarahnya yang ternyata sudah ada sejak 10 abad yang lalu, hingga beberapa aturan dalam menyantap hot pot. Penasaran? Berikut ulasan tim ERA.id soal fakta menarik hot pot, seperti dilansir www.chinafacttours.com.

1. Sejak 1.000 tahun lalu

Sangat kental dengan sejarah dan tradisi Tiongkok, hot pot ternyata sudah ada sejak 1.000 tahun lalu. Hot pot diketahui sudah ada sejak Dinasti Jin berdiri pada tahun 1200an. Hot pot menjadi makanan wajib untuk disantap ketika musim dingin tiba. 

Selain itu, makanan ini juga menjadi makanan yang dinikmati ketika berkumpul atau ketika minum bersama. Biasanya hot pot menjadi santapan di saat ingin merayakan sebuahg acara yang menyenangkan di Tiongkok.

Ilustrasi menyantap hot pot. (Foto: www.ancienthistorylists.com)

 

2. Terdiri dari berbagai bahan masakan

Dalam satu panci hot pot, terdapat banyak bahan masakan yang biasa dimasukkan. Mulai dari daging, seafood, sayuran, hingga berbagai jenis mie. Pemilihan bahan makanan yang akan dimasukkan ke dalam hot pot dapat dilakukan sesuai dengan selera masing-masing.

Jika penyuka daging, kamu bisa memasukkan berbagai jenis daging dalam jumlah banyak ke dalam panci. Untuk sayuran dalam hot pot biasanya terdiri hari sawi putih, tomat, jagung muda, jamur dan tahu. Dikarenakan hot pot merupakan hidangan rebusan yang akan disantap dalam kurun waktu yang lama, usahakan untuk memasak setiap bahan masakan satu per satu, agar rasanya terjaga hingga suapan terakhir.

Ilustrasi hot pot. (Foto: mashed.com)

 

3. Aturan dalam menikmati hot pot

Untuk menikmati hot pot yang biasanya dimakan secara beramai-ramai, ada beberapa tradisi atau aturan yang dilakukan. Untuk menambah bahan makanan ke dalam panci, tunggu hingga kaldunya mendidih terlebih dahulu. Lengkapi piring yang berisi daging dengan penjepit sendiri, agar rasa tidak terkontaminasi dengan bahan lainnya.

Gunakan sumpit untuk menambahkan bahan makanan lainnya ke dalam panci. Ketika memasukkan bahan makanan lainnya, masukkan sedikit demi sedikit, jangan sekaligus semuanya. Hal ini dilakukan agar mempercepat proses memasak.

Nah, itulah beberapa fakta hot pot yang wajib kamu ketahui. Jadi, apakah kamu penikmat makanan berkuah yang satu ini?

Tag: imlek restoran hot pot imlek 2021 Tahun Baru Imlek 2021 Makanan imlek hot pot

Bagikan: