9 Makanan Paling Teraneh dan Ekstrim di Dunia, Berani Coba?

| 10 Sep 2021 08:30
9 Makanan Paling Teraneh dan Ekstrim di Dunia, Berani Coba?
Balut (Foto: YouTube/The Shiny Peanut)

ERA.id - Makanan adalah satu hal yang tak pernah terlepaskan dari bagian hidup, terutama makanan memang menjadi kebutuhan setiap manusia. Makanan juga jenisnya semakin beragam. Tak hanya di Indonesia, kuliner seluruh dunia mengalami banyak perkembangan.

Ada beberapa negara yang menghadirkan makanan aneh yang rasa sudah tak terbayangkan lagi. Bahkan para pelancong rela melakukan perjalanan jauh demi bertemu makanan yang tidak biasa ini. Dilansir dari Tinggly, berikut 9 makanan paling teraneh didunia.

1. Balut

Balut (Foto: Instagram/@konyoqueen)
Balut (Foto: Instagram/@konyoqueen)

Balut adalah embrio bebek, berumur sekitar dua hingga tiga minggu. Embrio bebek direbus dan dimakan dalam cangkangnya, dan kamu bisa merasakan renyahnya paruh dan kaki kecil. Untungnya, belum ada bulu di bebek masih berada didalam cangkang. Ini adalah makanan lezat di negara-negara seperti Laos dan Kamboja, dan di Filipina di mana beberapa penjual makanan kaki lima benar-benar menyajikannya secara mentah-mentah.

2. Roadkill

Seorang mantan pegawai negeri Inggris bernama Arthur Boyt membuat kebiasaan menghentikan mobilnya setiap kali dia melihat seekor binatang mati di jalan, dan memasaknya untuk makan malamnya ketika dia sampai di rumah. Selama 50 tahun melakukannya, dia mengklaim tidak pernah sakit sekali pun, bahkan ketika dagingnya menjadi hijau seiring bertambahnya usia.

Dia menulis buku tentang pengalamannya, termasuk resep, dan menceritakan kisah tentang bagaimana dia pernah memasak labrador malang, ditemukan tanpa kerah, dan bagaimana rasanya sangat mirip dengan domba.

3. Tiram Rocky Mountain

Tiram rocky mountain (Foto: Instagram/@emilyjordon)
Tiram rocky mountain (Foto: Instagram/@emilyjordon)

Tiram? Di pegunungan? Tidak terdengar benar bukan. Itu karena Rocky Mountain Oysters sebenarnya bukan tiram. Tiram rocky mountain adalah testis banteng goreng. Ini adalah makanan favorit di antara koboi dan sering disajikan di acara rodeo di AS. Kamu akan membutuhkan banyak bir untuk menghilangkan rasa itu dari mulutmu.

4. Pesta Karnivora

Restoran paling terkenal di Kenya, bahkan mungkin salah satu tempat makan paling terkenal di Afrika, Restoran Karnivora menawarkan apa yang dikenal sebagai "Beast of a Feast". Pelanggan akan mendapatkan sajian berupa burung unta, jerapah, dan bahkan buaya. Pastinya, pesta makanan ini tidak akan pernah kamu lupakan.

5. Otak Domba

Otak domba (Foto: Instagram/@ chacha_mukbang)
Otak domba (Foto: Instagram/@ chacha_mukbang)

Belum lama ini, makan otak domba relatif umum di Inggris, karena murah dan membawa manfaat nutrisi. Setelah kepanikan atas penyakit sapi gila meski telah hilang dari diet. Tetapi, kamu masih bisa makan otak domba, babi, sapi, kuda, kambing, dan ayam, di negara-negara seperti Turki, Cina, India, dan Bangladesh. Makanan ini dianggap cukup lezat di beberapa bagian.

6. Fugu

Fugu, bahasa Jepang untuk ikan buntal, cukup terkenal, karena reputasinya yang mematikan. Sebagian ikan, terutama hati, beracun, sehingga diperlukan kehati-hatian yang besar selama persiapan. Setiap tahun puluhan orang dirawat di rumah sakit, dan beberapa meninggal, setelah melakukan kesalahan. Salah satu korbannya yang paling terkenal tentu saja adalah Homer Simpson, yang menghabiskan sepanjang malam berpikir bahwa dia telah diracuni.

7. Tarantula Goreng

Tarantula goreng (Foto: YouTube/The Shiny Peanut)
Tarantula goreng (Foto: YouTube/The Shiny Peanut)

Kebanyakan orang, pada saat pertama kali menyebutkan tarantula di atas meja, akan melarikan diri dari restoran untuk melindungi diri. Sebab, gigitan dari salah satu makhluk berbulu berkaki delapan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah. Namun, tidak demikian di Kamboja, di mana mereka sering digoreng, dengan saus cabai dan jeruk nipis. Yang paling menyeramkan adalah ketika disajikan di piring, ada trantula berdiri berjongkok dengan delapan kaki, seolah-olah akan menerkam.

8. Sannakji

Makanan yang di Korea ini adalah makanan Asia menghadirkan bahaya besar bagi siapa saja yang memakannya, bukan karena racun, tetapi karena tersedak. Sannakji adalah gurita hidup. Gurita masih hidup dipotong dan tentakelnya masih bergerak.

9. Tong Zi Dan

Tong Zi Dan (Foto: Instagram/@infooke777)
Tong Zi Dan (Foto: Instagram/@infooke777)

Tong Zi Dan adalah makanan paling aneh yang berasal dari China, tepatnya banyak ditemukan di provinsi Dongyang. Tong Zi Dan adalah telur ayam rebus yang menggunakan air seni perjaka atau perawan praremaja. Para pedagang akan membayar anak laki-laki untuk mengambil kencingnya di dalam ember. Lalu, air kencing itu digunakan untuk merebus telur sepanjang hari dalam cairan, sebelum disajikan.

Rekomendasi