Phobia Teraneh di Dunia, Mulai dari Takut Membuka Mata hingga Sinar Matahari

| 12 Aug 2023 16:05
Phobia Teraneh di Dunia, Mulai dari Takut Membuka Mata hingga Sinar Matahari
Phobia teraneh di dunia (unsplash)

ERA.id - Di dunia yang luas dan penuh misteri, manusia sering kali menghadapi ketakutan dan phobia yang bervariasi. Namun apakah Anda tahu berbagai macam phobia teraneh di dunia?

Artikel ini akan membawa Anda menjelajahi dunia fobia teraneh yang pernah ada, dan membuka pintu wawasan ke dalam kompleksitas psikologi manusia yang begitu beragam.

Phobia Teraneh di Dunia

Dilansir dari realbuzz, berikut ini 5 fobia paling aneh yang pernah ada. Apakah Anda salah satunya?

  1. Optophobia: Ketakut Akan Membuka Mata

Jika suatu saat ada penghargaan untuk Phobia Paling Tidak Nyaman, maka harus diberikan kepada optophobia yaitu ketakutan untuk membuka mata.  Meskipun tindakan membuka mata adalah sesuatu yang alamiah, bagi mereka yang menderita optophobia, tindakan sederhana dan harian ini bisa menjadi mimpi buruk.

  1. Chorophobia: Ketakutan Akan Menari

Jika klub malam, pesta pernikahan, dan anak-anak kecil dengan tutu membuat Anda mengalami perasaan ketakutan yang luar biasa, Anda mungkin menderita chorophobia yaitu ketakutan akan menari.

Terlepas dari kemampuan menari dan apakah Anda harus menari di lantai dansa atau tidak, situasi atau acara apa pun yang berhubungan dengan menari bisa menjadi sumber ketakutan bagi mereka yang menderita chorophobia.

  1. Geliophobia: Ketakutan Akan Tertawa

Banyak penelitian mengindikasikan bahwa tertawa baik untuk kesehatan kita; membantu membangun ikatan sosial, meningkatkan kesehatan mental, dan menjaga jantung.

Namun, bagi mereka yang menderita geliophobia, tindakan tertawa, atau berada di sekitar orang yang tertawa, sebenarnya dapat menyebabkan rasa takut dan kecemasan yang luar biasa. Alasan yang disarankan untuk geliophobia adalah kecemasan tentang tertawa dalam situasi yang tidak pantas atau takut dicemooh oleh orang lain.

  1. Neophobia: Ketakutan Akan Hal Baru

Sementara banyak orang berhati-hati terhadap perubahan, neophobia adalah fobia yang merujuk pada ketakutan yang intens dan irasional terhadap semua hal dan pengalaman baru.

Neophobia bisa mempengaruhi kebahagiaan dan kesejahteraan karena penderitanya melewatkan banyak pengalaman yang meningkatkan kualitas hidup. Saat diterapkan pada pola makan, ini juga bisa berarti penderita melewatkan berbagai makanan sehat dan nutrisi. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa stres neophobia bisa memperpendek harapan hidup.

  1. Heliphobia: Ketakutan Akan Sinar Matahari

Phobia ini merupakan sebuah kondisi yang langka namun tidak menguntungkan yaitu merujuk pada ketakutan terhadap sinar matahari. Penderita akan mengalami ketakutan ketika keluar rumah dan berada di bawah sinar matahari.

Heliphobia adalah Ketakutan Akan Sinar Matahari (unsplash)

Bahkan penderita heliophobics juga bisa merasa takut terhadap cahaya terang. Namun kasus yang paling sering adalah ketakutan terkait dengan kecemasan tentang bahaya yang dirasakan dari sinar matahari.

Tentu fobia ini bisa berbahaya untuk kesejahteraan Anda, karena sinar matahari baik untuk mengatur suasana hati dan melindungi kesehatan tulang.

Selain phobia teraneh di dunia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Tags : phobia psikologi
Rekomendasi