Apa Itu Artificial Flower dan Kelebihannya Dibanding Bunga Asli

| 09 Jul 2024 19:31
Apa Itu Artificial Flower dan Kelebihannya Dibanding Bunga Asli
Ilustrasi artificial flower (Freepik)

ERA.id - Artificial Flower merupakan bunga tiruan yang biasanya digunakan untuk dekorasi. Bunga buatan tangan sendiri atau handmade ini memang terlihat mirip dengan bunga asli. Meski bunga imitasi, namun ada beberapa kelebihan artificial flower yang membuatnya kerap dipakai. 

Bunga dianggap sebagai lambang keindahan yang memiliki keindahan bagi orang yang melihatnya. Jenis-jenis bunga di seluruh dunia pun ada banyak jumlahnya dan dengan warna dan bentuk yang berbeda-beda. Namun bunga asli memiliki kekurangan dari segi usia pakai atau daya tahan ketika dicabut atau dipetik dari tangkainya. 

Hadirnya artificial flower menjadi alternatif bagi orang-orang yang ingin memakai bunga dan tidak khawatir layu atau mati. Itulah mengapa kebanyakan dekorasi menggunkana bunga buatan ini, seperti di tempat pernikahan, acara kedinasan, dan lainnya. Lantas apa itu artificial power dan apa saja kelebihannya?

Apa Itu Artificial Power?

Artificial Flower adalah bunga yang dibuat sendiri atau bukan dari bahan organik hidup. Bunga buatan manusia ini merupakann tiruan dari bunga asli, sehingga warna dan wujudnya tampak mirip. Biasanya bunga tiruan dibuat dari bahan sintetis seperti kain, plastik, kertas, atau bahan lainnya. 

Tujuan utama dari pembuatan bunga ini adalah meniru penampilan dan keindahan bunga asli tanpa memerlukan perawatan yang sama. Bunga buatan tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna, mencakup berbagai jenis bunga. Beberapa bunga buatan dibuat dengan sangat detail sehingga tampak sangat mirip dengan bunga asli, bahkan hingga teksturnya.

Ilustrasi artificial flower (Freepik)

Kelebihan Artificial Flower

Berikut ini beberapa kelebihan artificial flower yang perlu Anda tahu jika tertarik menggunakan bunga ini untuk dekorasi, buket, atau kebutuhan lainnya:

Harganya Lebih Murah

Salah satu keunggulan utama dari artificial flower adalah bisa menjadi pilihan yang lebih ekonomis dan terjangkau dibandingkan bunga asli. Misalnya Anda membeli bunga asli, tentunya perlu mengeluarkan biaya lebih banyak karena harganya dan perawatannya. Apalagi jika bunga yang Anda pilih tersebut termasuk bunga langka atau musiman. 

Sebaliknya, bunga buatan tidak memerlukan biaya perawatan yang tinggi dan lebih terjangkau karena keberadaannya mudah ditemukan atau tidak langka. Dengan memakai bunga tiruan, Anda bisa lebih hemat biaya untuk menghiasi rumah atau ruangan dengan nuansa bunga-bungaan atau keindahan alam.

Mudah Dirawat dan Tahan Lama

Keunggulan lain dari bunga buatan adalah daya tahannya yang lama dan kemudahan dalam perawatan. Bunga segar atau asli memiliki umur terbatas dan memerlukan perawatan khusus seperti pemangkasan, penyiraman, dan penggantian air. 

Sementara artificial flower tidak memerlukan perawatan harian dan tidak akan layu atau mati. Bunga-bunga buatan ini tetap cantik dan segar sepanjang waktu, sehingga dapat memberikan keindahan abadi yang tidak bisa didapatkan dari bunga asli.

Desain Beragam

Bunga buatan kini tersedia dalam berbagai bentuk desain dengan warna yang mirip bunga asli. Dengan adanya beragam desain bunga tiruan, Anda sebagai pengguna atau pembeli isa menyesuaikannya dengan selera dan gaya pribadi. 

Bunga buatan tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan warna yang memungkinan Anda menciptakan tampilan unik dan menarik. Kelebihan yang satu ini tidak terdaapat pada bunga asli yang memiliki keterbatasan dari segi musim mekar dan ketersediaan varietas tertentu.

Ramah Lingkungan

Produksi bunga buatan juga dapat dibilang lebih ramah lingkungan. Proses produksi ini bisa mengurangi dampak negatif pada lingkungan dan membantu mengurangi penggunaan air. Selain itu, pembuatan bunga ini juga tidak memakai pestisida yang sering digunakan dalam pertanian bunga. 

Dengan memilih bunga buatan, Anda juga bisa mengurangi ketergantungan pada impor bunga segar yang mungkin ditanam dengan metode tidak ramah lingkungan. Ini bisa menjadi langkah kecil namun berarti dalam menjaga ekosistem.

Demikianlah ulasan apa itu artificial flower dan sejumlah kelebihannya yang membuat bunga ini sering diminati. Artificial flower adalah bunga tiruan yang dibuat mirip aslinya untuk digunakan sebagai objek dekorasi dan keperluan lainnya. Baca juga mengenal jenis bunga Edelweis.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi