Vitamin untuk Lansia Agar Tidak Lemas dan Dosis Harian yang Dibutuhkan

| 10 Aug 2024 23:05
Vitamin untuk Lansia Agar Tidak Lemas dan Dosis Harian yang Dibutuhkan
Ilustrasi lansia (freepik)

ERA.id - Kelelahan yang sering dialami para lansia bukan sekadar perasaan lelah biasa, karena bisa menjadi tanda tubuh kekurangan nutrisi penting. Bagi Anda yang mengalaminya jangan khawatir, karena terdapat beberapa vitamin untuk lansia agar tidak lemas.

Penasaran dengan rahasia fit di usia senja? Artikel ini akan mengulas lebih lanjut mengenai vitamin apa saja yang dibutuhkan oleh lansia. Dilansir dari laman Oak Street Health, berikut ini beberapa di antaranya:

Rekomendasi Vitamin untuk Lansia Agar Tidak Lemas

  1. Vitamin D

Vitamin D penting untuk semua usia (terutama bagi lansia) dengan sumber utama vitamin adalah sinar matahari yang merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D.

Vitamin ini membantu menjaga kesehatan tulang dengan meningkatkan kemampuannya dalam menyerap kalsium. Pada lansia, tulang yang kuat sangat penting karena seiring bertambahnya usia, tulang kehilangan kepadatan dan lebih mudah patah.

Kekurangan vitamin D juga dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis. Dosis harian 600 hingga 800 IU (unit internasional) vitamin D dianjurkan.

  1. Kalsium

Seiring bertambahnya usia, tulang secara alami kehilangan kalsium, yang dapat mengakibatkan tulang lemah dan lebih mudah patah.

Untuk itu, dianjurkan bagi orang berusia di atas 51 tahun (hampir 20 tahun sebelum mencapai usia 70) untuk mendapatkan setidaknya 1.200 miligram kalsium setiap hari.  Anda juga dapat menambahkan makanan kaya kalsium, seperti susu dan yogurt.

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatur metabolisme. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin ini juga dapat membantu mengurangi penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

Meskipun vitamin ini tersedia secara luas di banyak makanan (termasuk ayam, pisang, dan bayam) namun beberapa lansia masih kekurangan vitamin B6.

Angka kecukupan gizi vitamin B6 adalah 1,3 mg hingga usia 70 tahun. Kemudian setelah usia 70 tahun, pria membutuhkan 1,7 mg, dan wanita membutuhkan 1,5 mg vitamin B6 per hari.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

  1. Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki banyak fungsi, termasuk membuat DNA, membentuk sel darah merah, dan memastikan saraf berfungsi dengan baik. Namun karena manusia tidak dapat kelebihan vitamin B12, tidak ada batas atas yang dapat ditoleransi untuk jumlah yang dapat Anda konsumsi.

Dosis vitamin B12 untuk lansia adalah 2,4 mcg per hari yang dapat Anda temukan dalam daging dan makanan laut. Jadi jika Anda mengikuti diet bebas daging, sangat penting untuk melengkapi diet Anda dengan vitamin B12.

  1. Asetil-L-Karnitin

Asetil-l-karnitin dapat mengubah lemak menjadi energi yang dibuat di otak, hati, dan ginjal. Mengonsumsi asetil-l-karnitin sebagai suplemen memiliki beberapa manfaat kesehatan, terutama terkait dengan fungsi otak dan memori.

Lansia yang mengalami penurunan kognitif dapat mengkonsumsi vitamin ini untuk meningkatkan memori dan fungsi mental. Suplemen ini juga dapat membantu mengurangi kelelahan dan mengembalikan energi.

  1. Vitamin A

Vitamin A dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh Anda dan membantu menjaga kesehatan. Selain itu, juga berperan dalam penglihatan yang mungkin secara alami menurun seiring bertambahnya usia.

Banyak sumber makanan kaya akan vitamin A, termasuk brokoli, telur, ubi jalar, dan labu. Para ahli merekomendasikan agar pria mendapatkan 900 mcg (mikrogram) vitamin A setiap hari dan wanita 700 mcg.

Vitamin A terdapat dalam telur (freepik)
  1. Vitamin E

Vitamin E adalah salah satu vitamin penting untuk lansia di atas 70 tahun, karena memberikan manfaat antioksidan yang dapat membantu melindungi Anda dari kanker dan penyakit jantung.

Vitamin ini juga membantu mengurangi risiko masalah mata terkait usia, seperti degenerasi makula. Manfaat lainnya adalah membantu memperlambat penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

Makanan seperti brokoli, almond, alpukat, dan minyak zaitun adalah sumber vitamin E yang baik. Anda dapat melengkapi kebutuhan vitamin E harian dengan dosis 15 mg.

Selain vitamin untuk lansia agar tidak lemas, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi