8 Cara Agar Hubungan LDR Bertahan Lama, Bisa Dicoba Nih!

| 05 Sep 2022 21:35
8 Cara Agar Hubungan LDR Bertahan Lama, Bisa Dicoba Nih!
Ilustrasi LDR tetap langgeng (unsplash)

ERA.idLong distance relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh adalah kondisi yang dihindari oleh setiap pasangan. Hubungan asmara tanpa kedekatan fisik rawan mengendurkan kepercayaan dan melemahkan getaran cinta. Sepasang kekasih harus menguasai cara hubungan LDR bertahan lama agar jarak tak jadi persoalan saat mengarungi lautan asmara yang penuh ombak.

Seperti diketahui, kisah asmara sepasang kekasih kadang kandas karena konflik dan masalah yang muncul selama LDR. Sebenarnya, masalah bisa datang meski sejoli tersebut selalu bersama, bahkan tinggal satu atap. Namun, jarak kadang membuat beberapa hal yang seharusnya bisa dilakukan dan diselesaikan dengan mudah menjadi susah.

Selain itu, beberapa pasangan memiliki love language berupa physical touch atau sentusah fisik. Hal tersebut tentu susah dilakukan selama LDR. Untuk menyiasai hubungan LDR, berikut ini beberapa tips dari Era yang bisa Anda coba bersama pasangan, dikutip dari alodokter.

Cara Hubungan LDR Bertahan Lama

1. Berpikir positif

Anda perlu berpikir positif kepada pasangan dan berpikir positif terhadap hubungan LDR itu sendiri. Ini bukan hal yang mudah, tetapi berpikir positif dalam LDR bisa memberikan kebaikan untuk Anda dan kesehatan mental Anda.

Tak perlu Anda khawatir tentang dampak buruk LDR. Jangan sampai hal-hal tersebut membuat pikiran Anda menjadi negatif dan kurang bersemangat. Meski jarak masih memisahkan Anda dan pasangan, temukanlah sisi positif dari hal tersebut dan Anda akan bisa berdamai dengan hal tersebut.

2. Saling percaya

Kepercayaan adalah hal yang harus selalu dipegang. Tak disangkal, ini bukan perkara mudah. Namun, bukankah hubungan LDR juga tak menjamin saling percaya? Dengan kata lain, meski Anda LDR, saling percaya tetap bisa diperjuangan dan dijaga.

Anda dan pasangan perlu saling terbuka dan memahami. Setiap orang memiliki kesibukan sehingga Anda tak perlu selalu curiga ketika pasangan susah dihubungi. Dengan keterbukaan dan kepercayaan, Anda dan pasangan bisa menjalani hubungan LDR dengan langgeng.

3. Tujuan yang sama

Jadilah tim dengan pasangan Anda, salah satu caranya adalah memiliki tujuan yang sama. Rencana dan harapan yang sama bisa membuat jalinan kasih dan komitmen lebih kuat.

Pandang masa depan yang akan dituju bersama pasangan dan berusahalah menggapai hal tersebut. Selain itu, saling dukung juga akan membuat hati semakin kuat menuju tujuan tersebut.

4. Berbagi cerita

Tak hanya kepercayaan, komunikasi juga menjadi hal utama dalam menjalani hubungan LDR. Sejauh apa pun jarak antara Anda dengan pasangan tak boleh menyurutkan komunikasi. Anda dan pasangan bisa berbagi kisah keseharian untuk mengisi obrolan. Selain menguatkan komunikasi, Anda dan pasangan juga bisa tetap saling mengenal lebih dalam meski tidak bertemu muka.

Berdasarkan studi, pasangan LDR cenderung bisa menceritakan lebih banyak detail tentang diri mereka daripada pasangan yang tidak menjalani LDR. Oleh sebab itu, Anda tak perlu sungkan atau canggung, apalagi gengsi untuk menceritakan kegiatan Anda selama seharian secara detail kepada pasangan. Anda bisa menceritakan kegiatan umum, tempat yang Anda kunjungi, buku yang Anda baca, atau mencurhatkan kegundahan hati soal tempat kerja dan atasan Anda.

5. Bertatap muka dengan teknologi

Berkomunikasi umumnya dilakukan melalui pesan singkat. Selain itu, tatap muka juga perlu lakukan. Bisa dilakukan melalui saling berkirim foto diri atau video call.

ilustrasi video call (unsplash)

Dengan demikian, Anda bisa sedikit merasakan kedekatan meski sebenarnya jauh. Suara dari pasangan juga akan membuat Anda lebih semangat dan bahagia. Selain menjadi cara untuk mereduksi rindu, cara ini juga bisa mengaktifkan hormon oksitosin, yaitu hormon kasih sayang.

6. Berkirim hadiah

Kejutan tetap bisa Anda lakukan meski tak berdekatan. Perkembangan zaman telah memudahkan Anda untuk berkirim barang. Anda bisa mengirimkan hal-hal yang disukai oleh pasangan menggunakan jasa pengiriman.

7. Mengisi waktu

Anda tak harus selamanya menghabiskan waktu dengan pasangan melalui teknologi. Isi harimu dengan kegiatan positif agar pikiran segar dan Anda tidak terus-terusan berpikir soal jarak yang terbentang.

Selain membuat Anda tetap berpikir positif, kesehatan mental juga terjaga. Ditambah lagi, kegiatan sehari-hari tersebut bisa menjadi bahan obrolan dengan pasangan. Sesekali, Anda juga bisa melakukan kegiatan bersama, misalnya main game online.

8. Jadwalkan pertemuan

ilustrasi pertemuan untuk melepas rindu (unsplash)

Video call cukup membantu, tetapi melepas rindu lebih terasa saat bertemu. Di sela kesibukan masing-masing, rencanakanlah pertemuan. Bisa Anda yang datang ke pasangan, bisa sebaliknya.

Namun, Anda tentu juga perlu mempertimbangan hal-hal penting seperti waktu, biaya, dan jarak yang harus ditempuh. Bicarakanlah hal tersebut dengan pasangan. Dengan melakukan beberapa cara hubungan LDR bertahan lama tersebut, jarak bukan lagi masalah bagi Anda dan pasangan.

Rekomendasi