Mengenal Tugas Miss Indonesia, Syarat, dan Cara Pendaftarannya

| 16 Sep 2022 18:15
Mengenal Tugas Miss Indonesia, Syarat, dan Cara Pendaftarannya
Audrey Vanessa, Miss Indonesia 2022 (antara)

ERA.id - Audrey Vanessa dinobatkan sebagai Miss Indonesia 2022. Wakil dari Sulawesi Utara ini berhasil mengalahkan 36 finalis lainnya. Setelah resmi terpilih, nantinya Audrey akan menjalankan tugas miss Indonesia di bawah naungan Yayasasan Miss Indonesia.

Audrey Vanessa (antarafoto)

Terkait hal tersebut, Audrey Vanessa juga resmi menggantikan posisi Carla Yules, Miss Indonesia 2020. Salah satu tugas yang akan dilakukan oleh Miss Indonesia 2022 adalah mewakili Indonesia untuk mengikuti Miss World 2023.

Tugas Miss Indonesia

Beberapa tugas dari miss Indonesia tak terlepas dari penyelenggara kompetisi kecantikan ini. Miss Indonesia diselenggarakan oleh Yayasan Miss Indonesia yang dimiliki oleh MNC Grup. Yayasan ini dipimpin oleh Liliana Tanoesoedibjo, istri Hary Tanoesoedibjo yang tidak lain adalah pemilik MNC Group.

Dikutip Era dari Tribun Medan, miss Indonesia memiliki beberapa tugas, yaitu mewakili Indonesia untuk bersaing dalam ajang Miss World, dipersiapkan sebagai duta untuk seluruh kegiatan corporate social responsibility MNC GROUP, menjadi duta sosial bagi UNICEF, dan bertugas di bidang Manajemen Finalis oleh Talent Management Media Nusantara Citra (MNC).

Cara dan Syarat Menjadi Miss Indonesia

Dalam ajang Miss Indonesia 2022, yang pemenangnya telah terpilih, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para calon miss Indonesia. Syarat tersebut tercantum dalam pamflet gelaran Miss Indonesia 2022. Ada empat syarat yang harus dipenuhi, yaitu sebagai berikut.

1. WNI 17—23 tahun (sebelum Mei 2022)

2. Belum menikah

3. Berpenampilan cantik, menarik, dan berwawasan luas

4. Memiliki sertifikat vaksin COVID-19 (minimal dosis 1)

Pada ajang tersebut, cara pendaftarannya juga terbilang tidak sulit. Berikut ini adalah cara mendaftar Miss Indonesia 2022.

1. Unduh (download) aplikasi RCTI+

2. Klik banner audisi online Miss Indonesia 2022

3. Unggah (upload) dua video yang menampilkan perkenalan diri dalam bahasa Inggris serta video talenta yang dimiliki

4. Mengisi google form dengan menekan link audisi online Miss Indonesia 2022.

Selain itu, acara Miss Indonesia 2022 mencari orang yang bisa menyandang gelar miss Indonesia 2022 dengan kriteria tertentu. Kriteria tersebut antara lain, manner, impressive, smart, serta social.

Penjelasan lebih jauh, orang dengan kriteria manner memiliki arti bahwa miss Indonesia harus punya kepribadian dan perilaku yang baik sebagai seorang role model. Kriteria kedua, yaitu impressive, artinya adalah seorang miss Indonesia tidak hanya memiliki wajah yang cantik, tetapi juga memiliki kharisma yang menarik.

Selanjutnya adalah smart, artinya seorang miss Indonesia tidak hanya cantik dan kharismatik, tetapi juga cerdas dalam berbagai hal, termasuk dalam menghadapi serta memecahkan masalah, menyesuaikan serta memosisikan diri, memiliki wawasan yang luas, dan mampu berkomunikasi dengan baik. Kriteria terakhit, social, artinya miss Indonesia harus punya jiwa sosila yang baik, berkepribadian tulus dan suka menolong orang, terutama terhadap orang yang membutuhkan.

Itulah beberapa tugas miss Indonesia dan cara untuk menjadi miss Indonesia. Tahun ini miss Indonesia memang telah terpilih, tetapi Anda memiliki kesempatan untuk menjadi miss Indonesia selanjutnya jika memenuhi syarat-syarat yang telah disebutkan di atas.

Rekomendasi