Mengenal Larissa Chou Sebelum Mualaf dan Perjuangannya Usai Bercerai dengan Alvin Faiz

| 22 Sep 2022 17:02
Larissa Chou (Instagram larisssachou)

ERA.id - Pengguna media sosial tidak asing dengan nama Larissa Chou. Ia adalah ibu muda cantik berwajah oriental. Larissa merupakan mualaf yang menjadi panutan bagi sebagian perempuan muda. Namun, seperti apakah Larissa Chou sebelum mualaf?

Publik mengenal Larissa Chou setelah menjadi sejak dirinya mualaf dan menikah dengan Alvin Faiz, putra almarhum Ustaz Arifin Ilham. Namun, hubungan rumah tangga mereka rupanya tak berjalan baik. Keduanya bercerai 5 tahun setelah menikah.

Larissa dan Alvin menikah pada 6 Agustus 2016. Ketika itu usia Larissa adalah 20 tahun, sedangkan suaminya baru 17 tahun. Pernikahan keduanya melahirkan seorang anak dan diberi nama Muhammad Yusuf Alvin Ramadhan. Pada 16 Juni 2021 mereka resmi bercerai.

Untuk lebih mengenal Larissa Chou, berikut adalah beberapa info soal selebgram cantik ini, dikutip Era dari VIVA.

Beberapa Fakta Larissa Chou sebelum Mualaf

1. Anak Motivator Kristen

Larissa Chou lahir di Cirebon, Jawa Barat, pada 23 April 1996. Ia merupakan keturunan Tionghoa atau China.

Saat ini ia dikenal sebagai selebgram cantik yang selalu berkerudung. Namun, ayahnya adalah seorang motivator agama Kristen bernama Chou Lingling atau Rudi Gunawan. Ibunya bernama Julir Tan Hersiman. Larissa memiliki adik perempuan bernama Cathleen Tricia.

Sebelum menjadi mualaf, Larissa sering mempelajari agama dari Buddha dan Kristen. Agama yang ia yakini ketika itu adalah Kristen.

2. Larissa Chou jadi mualaf

Pada Juni 2015 Larissa Chou memutuskan untuk meninggalkan agama lamanya dan menjadi muslim. Hal tersebut ia lakukan sebelum menikah dengan Alvin Faiz.

Ia telah mengenal Alvin sebelum menjadi mualaf. Pada masa tersebut, ia juga sering berdiskusi dan berdebat mengenai agama dengan Alvin.

Larissa Chou dahulu adalah seorang makeup artis. Pekerjaan tersebut ia tinggalkan setelah menjadi mualaf dan menikah dengan Alvin. Ia sering hadir dalam acara keagamaan ketika memeluk Islam.

3. Selebgram dan penulis buku

Setelah bercerai, Larissa pindah ke Bandung dan membuka lembaran baru. Menjadi single parent tak menyurutkan semangatnya. Saat ini Larissa Chou menjadi seorang selebgram dan penulis.

Larissa Chou saat merilis buku di Jakarta (ANTARA)

Berdasarkan pantauan akun Instagramnya, Larissa menjadi brand ambassador dari dua merek besar, yaitu Zoya Fashion & Hijam dan MS Glow. Dia kerap mempromosikan endorsement yang diterima olehnya.

Sebelum bercerai, ia pernah menulis buku berjudul Rissa: Sebuah Pilihan Hidup. Buku ini berisi kisah hidupnya sejak kecil hingga dewasa. Ia juga menceritakan kisah keturunan China yang menjadi mualaf dan mengenakan kerudung, yang tidak lain adalah kisahnya sendiri.

Penulisan buku ini bukanlah hal yang mudah baginya. Larissa harus mengingat masa kecilnya yang berisi kepahitan.

“Kesulitannya itu harus flashback masa kecil, karena ini mengisahkan aku dari kecil. Aku broken home, terus pacaran beda agama. Lumayan sulit karena masa lalu akau enggak happy, dari kecil papi mamu cerai, (aku) berjuang masuk Islam, apalagi keluarga dulu engga terima,” jelas Larissa, dikutip dari Antara.

4. Usia Pernikahan yang Pendek

Muhammad Alvin Faiz masih sangat muda saat menikah dengan Larissa Chou yang ketika itu juga masih muda. Pernikahan keduanya digelar di Kompleks Masjid Jami Az-Zikra, Sentul Selatan, Bogor, Jawa Barat.

Perkenalan Larissa dan Alvin sebelum menikah terbilang cukup singkat. Pada masa tersebut, keduanya kerap mendiskusikan soal agama. Kemudian, pada 14 Juni 2015, Larissa memutuskan menjadi seorang muslim.

Itulah beberapa informasi mengenai Larissa Chou sebelum mualaf dan setelahnya. Perceraian tak membuatnya surut. Larissa memulai hidup yang baru dan dikenal sebagai sosok yang kuat dan inspiratif, terutama bagi kaum muda. 

Rekomendasi