Mau Nyobain Snorkeling? Ini 6 Alat Ini Wajib Dipahami dengan Baik

| 24 Sep 2022 10:00
Ilustrasi Snorkeling. (Dive.is.com)

ERA.id - Sebelum melakukan snorkeling, Anda sudah semestinya membekali diri dengan terlebih dahulu menjalankan latihan pernapasan. Selain itu, untuk alasan keamanan, Anda juga perlu menyimak instruksi yang diberikan oleh pemandu. Selanjutnya, hal paling pokok yang harus disiapkan tentu saja peralatan snorkeling yang tepat.

Ilustrasi potret Kirana Larasati snorkeling. (Instagram/@kiranalarasati)

Bagi penyelam pemula disarankan untuk memahami fungsi alat snorkeling dengan baik dan benar agar dapat digunakan menikmati pemandangan bawah laut tanpa adanya gangguan. Kira-kira, apa saja alat snorkeling yang harus dipahami penyelam? Simak penjelasannya di bawah ini.

Scuba Diving Mask with Tripod Mount Sport Cam

Alat snorkeling ini memiliki fungsi untuk melindungi wajah penyelam dari air laut. Bagi para penyelam yang gemar merekam diving maupun snorkeling di bawah laut, tentunya masker ini wajib dimiliki. Sebab, alat ini juga bisa digunakan untuk menaruh action-cam.

Anda bisa memasang beberapa jenis kamera untuk merekam pemandangan bawah laut pada masker ini. Contohnya adalah go-pro, action-cam, xiaomi, dan kamera sport lainnya.

Masker ini sendiri diproduksi dengan bahan tempered glass agar tidak menimbulkan embun saat masker digunakan. Dan penyelam dapat menikmati dengan jelas pemandangan bawah laut.

Godive Fin Full Heel

Godive Fin Full Heel adalah kaki katak yang memiliki fungsi mempercepat gerakan penyelam di bawah laut. Dengan alat snorkeling ini, Anda dapat berenang lebih cepat sehingga taman laut dapat dijelajahi secara leluasa.

Godive Fin Full Heel sendiri disusun dari bahan TRP. Alat snorkeling akan membantu Anda bergerak lebih luwes dan cepat di air. Sebab, gerakan Anda juga akan bertambah cepat karena alat ini berpotensi menambah kekuatan dan kelenturan pada bagian kaki. Bagi para penyelam yang berniat mengarungi alam bawah laut dengan kondisi yang lancar, Godive Fin Full Heel sangat direkomendasikan untuk Anda.

Full Wetsuit Long-Sleeve

Alat penting selanjutnya yang tak boleh dilupakan penyelam saat hendak snorkeling yaitu pakaian selam. Dengan menggunakan baju selam, Anda dapat menikmati alam bawah laut dengan perasaan aman dan nyaman. Sebelum terjun ke laut, penyelam dapat memakai full wetsuit long-sleeve agar pergerakan di bawah air dapat berlangsung mudah dan lancar.

Pakaian selam ini dibuat dari bahan khusus yang cocok dengan air, yaitu polyster berukuran tipis yang mudah kering dan memiliki elastisitas yang cukup baik. Full wetsuit long-sleeve terdiri dari tiga bagian, antara lain kaos lengan panjang, celana pendek, dan celana panjang. Baju selam ini diketahui memiliki bobot ringan sehingga Anda tidak akan kelelahan saat menggunakannya.

Dengan baju selam ini, Anda juga akan terlindungi dari derasnya ombak di lautan. Anda pun akan bebas menjelajahi keindahan alam bawah laut dengan perasaan aman dan nyaman.

U’King Dving Flashlight

Bagi Anda yang tertarik melakukan snorkeling di malam hari, sebaiknya siapkan juga alat ini. U’King Diving Flashlight adalah senter yang bisa memancarkan sinar di dalam laut. Dengan fitur water resistant, senter ini akan sangat membantu aktivitas para penyelam di malam hari.

Senter ini sendiri bisa dipasang pada bagian masker diving. Dengan demikian, aktivitas penyelam di bawah laut tidak akan terganggu oleh keberadaan alat ini. Dibuat dengan bahan aluminium, alat ini bisa awet dalam jangka waktu yang lama. U’King Diving Flashlight ini memang didesain khusus untuk penyelaman di bawah laut dengan batas kedalaman maksimal 50 meter.

Diving Neoprene Snorkeling Gloves

Sarung tangan ini juga wajib disediakan para penyelam sebelum terjun ke laut. Neoprone Snorkeling Gloves adalah sarung tangan dengan bahan elastis dan berbobot ringan. Melalui sarung tangan ini, para penyelam dapat menggerakkan tangannya dengan bebas saat menyelam di bawah air.

Neoprene Snorkeling Gloves juga diproduksi dari bahan khusus yang akan membuat tangan Anda terjaga suhu air laut yang dingin. Dengan demikian, Anda dapat melakukan snorkeling dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dengan menggunakan sarung tangan ini, Anda juga akan terhindar dari sejumlah hal yang mengundang bahaya di bawah laut, contohnya ubur-ubur, batu tajam, polip, dan lain-lain. Namun, hal yang perlu diingat adalah, Neoprene Snorkeling Gloves dapat mengurangi tenaga para penyelam ketika melakukan aktivitas di bawah laut.

Scuba Diving Mask

Aktivitas penyelaman Anda tentunya akan lebih lengkap jika dilengkapi dengan scuba diving mask. Alat ini berupa gabungan kacamata dan alat bantu pernapasan yang akan memberi kenyamanan serta kepuasan bagi penyelam di bawah laut. Dengan scuba diving mask, Anda juga bisa menyaksikan keindahan aktivitas bawah laut seperti terumbu karang dan ikan-ikan dengan jelas.

Masker ini juga berguna untuk mencegah air masuk ke dalam hidung. Untuk mendapatkan masker diving yang baik, disarankan untuk mencobanya terlebih dahulu untuk memastikan bagian-bagian yang penting.

Setelah mencoba, sebaiknya alat ini dilepas secara perlahan agar masker tidak rusak karena kebocoran udara. Salah satu tanda masker diving sudah bocor yaitu munculnya embun di dalam alat ini karena udara yang tidak stabil.

Demikianlah beberapa alat snorkeling yang wajib dikenal dan dipahami oleh Anda yang ingin melakukan snorkeling. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca artikel-artikel dan informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terbaru dari ERA, Media Terpercaya dan Pilihan Anda.

Rekomendasi