Mengenal Sosok Wishnutama Kusubandio, Tokoh Dibalik Kesuksesan Gala Dinner G20

| 17 Nov 2022 21:00
Mengenal Sosok Wishnutama Kusubandio, Tokoh Dibalik Kesuksesan Gala Dinner G20
Wishnutama Kusbandio (Diah Ayu Wardani/VOI)

ERA.id - Saat ini nama Wishnutama Kusubandio sedang menjadi perhatian publik. Sebab dirinya berhasil menyelenggarakan event gala dinner KTT G20 yang terkesan menakjubkan.

Hal tersebut diketahui publik, setelah Wishnutama kedapatan sedang berbicara dengan Perdana Menteri India Narendra Modi saat jamuan makan malam KTT G20 berjalan.

Karena ide kreatifnya sebagai koordinator Tim Asistensi dan Kemitraan G20, suguhan atas atraksi budaya dan seni yang menyuguhkan kekayaan dan keragaman warisan budaya Indonesia sukses dikemas dalam acara yang sangat megah dan spektakuler di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung, Bali pada hari Selasa 15 November 2022. Sebenarnya, siapakah sosok Wishnutama Kusubandio?

Wishutama Kusubandio (instagram @wishnutama)

Dilansir dari situs Pemerintahan, Wishnutama Kusubandio lahir di Jayapura 4 Mei 1976 dalam Kabinet Indonesia Maju yang dibentuk langsung oleh Presiden Jokowi, dia diberikan amanah untuk menduduki jabatan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada periode 2019 sampai 2020 lalu.

Sebelum dirinya populer sebagai pendiri dari NET TV atapun mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama adalah alumni dari Mount Ida College di Boston dan Emerson College, Amerika Serikat.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Wishnutama mengawali karier pertamanya sebagai asisten produksi di New England Cable News Amerika dan menjadi Assistant Director On Air Promotion di WHDH-TV, Boston.

Perjalanan Karier Wishnutama 

Pada tahun 1994, Wishnutama kembali ke Indonesia dan memulai kariernya di Indosiar sebagai Supervisor On Air Promotion. Selanjutnya, pada tahun 1995, ia pindah ke divisi produksi sebagai Producer Director.

Kariernya pun berkembang menjadi Executive Producer News and Production Division, dan selanjutnya naik sebagai Production Manager. Program-program yang ia lahirkan selama di Indosiar diantaranya Pesta, Gebyar BCA, Patroli, dan Saksi.

Pada tahun 2001, Wishnutama bergabung dengan Trans TV dan sempat memimpin Divisi Produksi, menjadi Direktur Operasional, dan setahun selanjutnya dipercaya sebagai Wakil Direktur Utama. Pada saat pengambilan saham mayoritas TV7 oleh kelompok usaha Para Group tahun 2006, Wishnutama disepakati sebagai Direktur Utama TV7 yang selanjutnya beralih nama menjadi Trans7. 

Setelah beberapa tahun memiliki pengalaman di industri penyiaran dan sukses mendampingi beragam program,  pada tahun 2008, Wishnutama ditunjuk menjadi Direktur Utama Trans TV.

Alasan Mendirikan NET TV

Selanjutnya, pada tahun 2013, ia mendirikan NET TV bersama Agus Lasmono, pebisnis muda yang mempunyai Indika Grup. Wishnutama pun mengambil alih channel Spacetoon dan mengganti namanya menjadi NET TV. 

Sedangkan alasan pembentukan stasiun televisi ini bertujuan untuk mewujudkan idealisme dengan menampilkan konten televisi yang bersih dari sifat provokatif seperti program gosip atau perdebatan politik.

Walaupun menjalani tugasnya sebagai CEO NET TV, Wisnu tidak segan-segan untuk terjun langsung ke bidang kreatif acara untuk memastikan program mereka berupa konsep hiburan yang diselipkan dengan edukasi. Program ini sengaja dibentuk untuk menjaga tujuan tim, yaitu mencerdaskan para penikmat acara televisi.

Jumlah Kekayaan Total Wishnutama Kusubandio

Dilansir dari Idol Net Worth, Wishnutama merupakan salah satu Produser TV terkaya & terdaftar di Produser TV terpopuler dengan total kekayaan bersih sekitar US$100.000 hingga US$1 juta atau senilai dengan angka Rp15 miliar.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi