Berbagai Doa untuk Pengantin Baru agar Kedua Mempelai Dilimpahi Keberkahan oleh Allah SWT

| 13 Dec 2022 18:01
Berbagai Doa untuk Pengantin Baru agar Kedua Mempelai Dilimpahi Keberkahan oleh Allah SWT
Ilustrasi akad nikah (unsplash)

ERA.id - Akad merupakan hal terpenting dalam prosesi pernikahan muslim. Ini menjadi pintu untuk masuk ke dunia baru bernama rumah tangga. Ketika datang ke pernikahan keluarga, teman, atau kerabat, ada baiknya memberikan doa yang baik bagi kedua mempelai. Dalam Islam, terdapat doa untuk pengantin baru agar mendapatkan kehidupan baru yang lebih baik.

Ketika akad nikah dilakukan, kedua orang tersebut—suami dan istri—akan menjalani kehidupan yang sama sekali baru dan berbeda dengan sebelumnya. Rumah tangga tidak sama dengan hubungan pertemanan, persahabatan, pacaran, dan taaruf.

Akad nikah membuat suami dan istri memiliki hak dan tanggung jawab yang mesti dilakukan. Suka dan duka akan dijalani bersama. Seperti telah diketahui, kehidupan tidak selamanya berjalan mulus, begitu pula rumah tangga. Oleh sebab itu, usaha dan doa adalah hal yang penting agar rumah tangga bisa berjalan dengan baik.

Doa untuk Pengantin Baru

 Ilustrasi pasangan muslim menikah (unsplash)

Doa adalah senjata orang muslim, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Ketika keluarga, teman, atau kerabat menikah, sebagai muslim ada baiknya kita memberikan doa terbaik agar pasangan tersebut mampu menjalani kehidupan baru dengan baik, lancar, dan bahagia.

Diktuip Era dari NU Online, ada satu doa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. saat mendoakan sepasang pengantin yang baru saja melakukan akad nikah. Doa ini adalah doa untuk memohon kepada Allah Swt. agar memberikan keberkahan kepada kedua mempelai. Berikut adalah doa untuk pengantin baru dan artinya. 

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Bârakallâhu laka wa bâraka ‘alaika wa jama‘a bainakumâ fî khairin  

Artinya: Semoga Allah memberkahimu dalam suka dan duka dan semoga Allah mengumpulkan kalian berdua di dalam kebaikan.

Kita juga bisa menambahkan doa-doa lain yang berisi harapan kebaikan untuk kedua mempelai. Berikut ini adalah doa tersebut beserta artinya.

اَللّٰهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ اٰدَمَ وَحَوَّاءَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَسَارَةَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ سَيِّدَنَا يُوْسُفَ وَزُلَيْخَاءَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَيِّدَتِنَا خَدِيْجَةَ الْكُبْرَى وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا عَلِيِّ وَسَيِّدَتِنَا فَاطِمَةَ الزَّهْرَاءَ

Allâhumma allif bainahumâ kamâ allafta baina Adam wa Hawwa, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ Ibrâhîm wa Sârah, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ Yûsuf wa Zulaikha, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wa sallama wa sayyidatinâ Khadîjatal kubrâ, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ ‘Aly wa sayyidatinâ Fâthimah az-Zahrâ  

Artinya: Ya Allah, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Adam dan Hawa, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Ibrahim dan Sarah, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Yusuf dan Zulaikha, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Baginda Nabi Muhammad shallallâhu ‘alaihi wa sallama dan Khadijah Al-Kubra, dan rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Ali dan Fathimah Az-Zahra.

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ هٰذَا الْعَقْدَ عَقْدًا مُبَارَكًا مَعْصُوْمًا وَأَلْقِ بَيْنَهُمَا أُلْفَةً وَقَرَارًا دَائِمًا وَلَا تَجْعَلْ بَيْنَهُمَا فِرْقَةً وَفِرَارًا وَخِصَامًا وَاكْفِهِمَا مُؤْنَةَ الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ

Allâhummaj’al hâdzal ‘aqda ‘aqdan mubârakan ma’shûman wa alqi bainahumâ ulfatan wa qarâran dâiman wa lâ taj’al bainahumâ firqatan wa firâran wa khishâman wakfihimâ mu’natad dunyâ wal âkhirah  

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah akad ini sebagai ikatan yang diberkahi dan dilindungi, tanamkan di antara keduanya kerukunan dan ketetapan yang langgeng, jangan Engkau jadikan di antara keduanya perpecahan, perpisahan dan permusuhan, dan cukupi keduanya bekal hidup di dunia dan akhirat.”

Doa untuk pengantin baru tersebut bisa Anda panjatkan setelah akad nikah dilakukan. Semoga, melalui doa tersebut, Allah Swt. memberikan keberkahan, kebaikan, dan kemudahan bagi kedua mempelai dalam menjalani rumah tangga.

Rekomendasi