5 Daftar Bahasa Tersulit di Dunia yang Bisa Membuka Banyak Peluang

| 24 Dec 2022 09:01
5 Daftar Bahasa Tersulit di Dunia yang Bisa Membuka Banyak Peluang
Ilustrasi penutur bahasa asing (Foto: GoAbroad.com)

ERA.id - Pada hari ini, penguasaan bahasa asing tentunya menjadi nilai plus dan memberikan peluang yang banyak bagi Anda yang hendak mendapatkan pekerjaan ataupun penghasilan. Namun, tentu saja bukanlah hal yang mudah untuk menguasai bahasa asing. Di antara ribuan bahasa yang ada di dunia, bahkan ada sejumlah bahasa asing yang menjadi bahasa tersulit di dunia.

Ilustrasi bahasa tersulit di dunia (Foto: Tandem.net)

Jika Anda memiliki kemauan untuk mempelajari bahasa baru, akan banyak hal yang Anda dapatkan. Antara lain membuka peluang karier, menambah keterampilan, dan mempermudah komunikasi Anda dengan orang asing saat berlibut ke luar negeri. Bahkan, dari beberapa penelitian disebutkan, mempelajari bahasa baru bisa meningkatkan kualitas memori dan fokus Anda.

Lantas apa saja bahasa yang tergolong sulit di dunia? Simak daftarnya di bawah ini.

Bahasa Tersulit di Dunia

Bahasa Mandarin

Bahasa tersulit di dunia yang pertama adalah Bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin sendiri banyak dituturkan di beberapa negara seperti Cina, Hong Kong, Taiwan, dan Singapura.

Mandarin merupakan bahasa yang sulit dipahami karena sistem penulisan yang berbeda dari aksara pada umumnya. Bahasa Mandarin tidak menggunakan huruf alfabet latin, dan juga memiliki ribuan serta karakter yang harus dipelajari. Selain itu, setiap kata yang dituturkan mempunyai nada yang berbeda. Nada yang berbeda saat menuturkan sebuah kata dalam Bahasa Mandarin mewakili arti yang berbeda. Misalnya kata “ma” yang bisa bermakna ibu, kuda, kasar atau memarahi, tergantung konteks dan cara pengucapannya.

Bahasa Jepang

Bahasa Jepang adalah salah satu bahasa tersulit di dunia. Bahasa Jepang sendiri adalah salah satu bahasa yang secara harfiah cukup kompleks. Dalam bahasa Jepang ada tiga aksara yang harus Anda pelajari, yaitu hiragana, katakana, serta kanji.

Mungkin Anda sudah tahu, bahwa kebanyakan orang Jepang tidak terbiasa menulis dengan huruf romawi. Selain menggunakan tiga jenis aksara, kesulitan bahasa Jepang juga dapat kita lihat dari struktur kalimatnya. Bahasa Jepang mempunyai struktur yang cukup membingungkan ketimbang bahasa lainnya.

Bahasa Rusia

Rusia ditetapkan sebagai bahasa tersulit di dunia karena alfabet yang mereka gunakan berbeda dari huruf pada umumnya. Dalam bahasa Rusia sendiri yang digunakan adalah alfabet Cyrillic. Bagi pemula yang mempelajarinya, bahasa Rusia juga sering disebut sebagai bahasa yang cukup membuat pikiran Anda bekerja keras.

Selain itu, bahasa Rusia juga mempunyai intonasi yang berbeda-beda sehingga terlalu fleksibel, arti dan nadanya juga mudah berubah sesuai dengan konteks kalimat yang digunakan. Adapun kata kerja dan tata bahasa dalam bahasa Rusia juga menjadi faktor yang membuat bahasa ini sulit dipelajari.

Bahasa Arab

Jumlah alfabet dalam bahasa Arab ada sebanyak 28 huruf. Huruf-huruf alfabet ini juga dapat berubah sesuai dengan bunyi huruf-huruf yang ada di sekitarnya. Karena ditulis dari kanan ke kiri, huruf Arab juga bisa menjadi bentuk seni.

Dalam hal intonasi serta pengucapan, bahasa Arab juga mempunyai aturan tersendiri. Meskipun bahasa Arab digunakan pada lebih dari 20 negara, tetapi setiap negara menggunakan dialek tertentu.

Bahasa Jerman

Bahasa Jerman merupakan bahasa yang memiliki aturan tersendiri untuk kata benda dan kata kerja. Dalam kata benda, bahasa ini memiliki empat kasus yang berbeda dan tiga kata yang digunakan untuk tiga jenis kelamin yang berbeda.

Dalam bahasa Jerman, terdapat kalimat infinitif yang berfungsi untuk menciptakan rantai panjang verba di akhir setiap kalimat. Hal tersebut disebab verba yang terletak pada bagian akhir klausa bahawan.

Nah, demikianlah lima bahasa tersulit di dunia. Anda bisa mempelajari salah satu atau beberapa dari daftar bahasa di atas. Tertarik mencoba?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi