Keluarga Besar Mendiang Ayah Ancam Bakal Menuntut, Tiko Akhirnya Minta Maaf: Saya Tidak Bermaksud Lancang

| 08 Jan 2023 15:00
Keluarga Besar Mendiang Ayah Ancam Bakal Menuntut, Tiko Akhirnya Minta Maaf: Saya Tidak Bermaksud Lancang
Tiko (YouTube)

ERA.id - Belakangan kisah Tiko yang merawat ibunya, Eny yang mengalami gangguan jiwa di rumah mewah di Jakarta Timur mencuri perhatian publik. Dengan viralnya kisah mereka ini, Tiko minta maaf ke keluarga ayahnya jika pernyataannya di berbagai media terkesan menyakiti.

Sebelumnya, Tiko sempat mengungkap bahwa sang ibu mengalami depresi sejak ayahnya meninggalkan mereka. Ia merawat ibunya sejak tahun 2010 lalu.

"Terkait yang terjadi saat ini, saya tahu sebenarnya bahwa yang saya lakukan agak lancang dan menyakiti perasaan pihak almarhum keluarga papa saya," ujar Tiko dilansir dari YouTube Pratiwi Noviyanthi.

"Aku selaku anak dari Herman Moedji Susanto, papa saya, tolong dengan sangat aku mohon dibukakan minta maaf sebesar-besarnya karena yang kulakukan salah," tuturnya.

Pada tayangan itu sambil berbicara via telepon dengan keluarga almarhum ayahnya, Uri Muji Astuti, Tiko mengatakan bahwa yang selama ini ia ceritakan ke publik hanya dari sudut pandang dirinya sendiri. Ia mengakui tak tahu kebenaran yang terjadi antara ayah dan ibunya, karena saat mereka berpisah ia masih kecil.

Tiko mengaku tak ada niatan untuk menjelek-jelekan atau menyakiti almarhum ayahnya dan keluarga setelah kisahnya dengan sang ibu viral. Ia juga berulang kali meminta maaf kepada keluarga ayahnya.

"Jadi kalau keluarga almarhum papa saya merasa dijelekkan itu bukan niatku, karena aku tidak tahu apa-apa. Aku cerita berdasarkan apa yang kualami gitu, maksudnya sepengetahuanku, tapi aku tidak tahu kebenarannya, karena dulu aku masih kecil," katanya.

Perwakilan keluarga ayahnya, Uri menerima permintaan maaf Tiko. Ia juga mengerti bahwa yang diceritakan Tiko dari sudut pandangnya, meskipun disayangkan jadi salah paham.

"Iya nggak apa-apa, karena kamu kan nggak tahu. Cerita-cerita yang beredar itu kan tidak sesuai kenyataan, jadi kenapa harus begini gitu," jawab Uri Muji Astuti.

Lebih lanjut, Tiko saat ini hanya ingin fokus untuk merawat sang ibu yang ada di rumah sakit jiwa. Ia berjanji ke depannya untuk lebih hati-hati memberi pernyataan ke publik.

"Dan mulai saat ini aku ingin fokus merawat ibu saja. Kondisi ibu sekarang ada di rumah sakit dan aku ingin mengurus rumah. Jadi mungkin aku berhati-hati memilih kata ke depannya," pungkas Tiko.

Seperti diketahui, pihak keluarga ayah Tiko mengancam Tiko akan dituntut jika terus menyebarkan cerita, yang menurut mereka tidak benar. Ini lantaran dari cerita Tiko publik menuding bahwa sang ayah merupakan seorang laki-laki yang tak bertanggung jawab.

Rekomendasi