Apa Itu Kursi Ergonomis dan Mengapa Penting bagi Pekerja Kantoran?

| 15 Aug 2023 15:03
Apa Itu Kursi Ergonomis dan Mengapa Penting bagi Pekerja Kantoran?
Apa itu kursi ergonomis (Unsplash)

ERA.idKursi ergonomis telah menjadi perbincangan yang semakin relevan dalam dunia modern yang penuh dengan aktivitas duduk, terutama di lingkungan kerja dan aktivitas sehari-hari. Lantas apa itu kursi ergonomis?

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang kursi ergonomis, manfaatnya, serta kriteria yang perlu dipertimbangkan saat memilih kursi ergonomis yang tepat.

Apa Itu Kursi Ergonomis?

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan kursi ergonomis? Sebelum tertarik membeli, penting bagi Anda untuk memahami konsep kursi ergonomis dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesejahteraan dan produktivitas kita.

Dilansir dari laman Office Interiors, kursi ergonomis adalah jenis kursi yang umumnya digunakan di kantor. Alasannya adalah karena orang menghabiskan lebih dari 13 tahun hidupnya di tempat kerja, maka wajar jika mereka harus merasa nyaman saat bekerja.

Kursi ergonomis penuh kenyamanan dan fitur yang dapat diatur, sehingga memungkinkan para pekerja di kantor untuk menjaga postur tubuh yang tepat saat tetap produktif dalam pekerjaannya.

Kursi kantor yang tepat dapat berdampak besar pada para karyawan (unsplash)

Alasan Mengapa Kursi Ergonomis Bagus untuk Pekerja Kantor

Berikut ini beberapa alasan utama mengapa pekerja kantor harus menggunakan kursi ergonomis:

  1. Mendukung Postur

Jika ada hal yang harus Anda khawatirkan setelah duduk berjam-jam, itu adalah postur tubuh Anda. Saat menggunakan kursi biasa yang kurang ergonomis, Anda mungkin menyadari bahwa Anda cenderung membungkuk ke depan karena kursi-kursi tersebut tidak memiliki ketinggian punggung yang benar.

Maka hal ini adalah masalah yang diatasi oleh kursi ergonomis. Dengan desain panjang penuh dan dukungan untuk postur alami, Anda dapat yakin bahwa kursi tersebut akan membantu meningkatkan postur tubuh Anda.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Kursi kantor yang tepat dapat berdampak besar pada para karyawan. Telah dilakukan beberapa penelitian yang menemukan bahwa memilih perabot kantor yang dirancang secara ergonomis dan nyaman dapat berdampak besar pada kebahagiaan dan produktivitas karyawan.

  1. Mengurangi Nyeri

Nyeri punggung bawah dan nyeri leher adalah beberapa nyeri tubuh paling umum yang harus dihadapi oleh pekerja kantor. Hal ini biasanya disebabkan oleh desain kursi tradisional yang tidak memungkinkan mereka duduk berjam-jam sambil menjaga postur yang benar.

Namun, menggunakan kursi ergonomis menjanjikan relaksasi yang lebih baik dan mengurangi nyeri tubuh karena titik-titik nyeri penting tersebut mendapat dukungan yang tepat.

  1. Mengurangi Tekanan pada Pinggul

Pinggul Anda menahan beban ketika menyangga berat tubuh Anda. Namun, hal ini dapat diminimalisir bagi pekerja kantor yang memutuskan untuk menggunakan kursi ergonomis.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 mengenai Sirkulasi Darah, para peneliti menemukan bahwa duduk selama satu jam dapat meningkatkan risiko depresi, penyakit jantung, sirkulasi darah yang buruk, dan nyeri punggung. Untuk itu disarankan untuk mengubah posisi setiap 30 hingga 45 menit.

American Heart Association melaporkan bahwa setiap gerakan yang meningkatkan tingkat metabolisme saat duduk dapat bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang yang besar. Selain itu, hal tersebut dapat mengurangi peluang terkena penyakit dan gangguan yang cukup menakutkan.

Selain apa itu kursi ergonomis, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi