Ini Tanda-Tanda Seseorang Memiliki Sifat Control Freak yang Menjengkelkan

| 25 Sep 2023 18:05
Ini Tanda-Tanda Seseorang Memiliki Sifat Control Freak yang Menjengkelkan
Ilustrasi orang dengan control freak (pexels)

ERA.id - Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa terlepas dari kerja sama atau hubungan dengan orang lain. Dalam hubungan tersebut, tak jarang ada orang yang punya sifat suka mengatur. Namun, orang ini tak tampak sebagai pemimpin, melainkan diktator.

Suka mengontrol segala sesuatu agar sesuai keinginan bisa menjadi tanda-tanda seseorang memiliki sifat control freak. Orang dengan sifat control freak mudah marah jika keinginannya (dalam mengatur) tidak dituruti orang lain.

Dilansir Scholarly Community Encyclopedia, control freak merepresentasikan orang dengan gangguan kepribadian yang ditandai dengan sikap merendahkan orang lain. Dalam praktiknya, orang tersebut biasanya mengendalikan perilaku atau cara bertindak orang lain dalam hubungan sosial dan situasi sosial.

Orang yang punya sifat control freak tak mau mengendalikan emosinya. Dia lebih suka mengendalikan lingkungan dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Untuk lebih memahami orang dengan control freak, simak tanda-tanda atau ciri-cirinya.

Ilustrasi orang dengan control freak dalam kerja tim (pexels)

Tanda-Tanda Seseorang Memiliki Sifat Control Freak

  • Semena-mena

Orang dengan control freak tak mudah diajak bersosial sebab suka membuat aturan yang harus ditaati orang lain. Orang tersebut ingin melakukan sesuatu yang lebih unggul dari orang lain dan ingin menunjukkan bahwa dialah yang paling benar.

  • Mengontrol orang lain

Dilansir Psychology Today, orang dengan control freak merasa perlu mengoreksi orang lain, bahkan saat dirinya yang salah. Dia mengoreksi orang yang melakukan kesalahan atau melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan standar kebenaran yang ada di kepalanya.

  • Tidak percaya orang lain dalam tugas tertentu

Orang dengan sifat control freak punya keyakinan bahwa sesuatu akan berjalan dengan baik dan sempurnya jika dia kerjakan sendiri. Orang ini tak percaya pada orang lain dalam melakukan suatu tugas atau pekerjaan sehingga ingin mengerjakannya sendiri.

Menurutnya, orang lain tak mampu melakukan tugas tersebut dengan baik dan benar atau akan memakan banyak waktu. Dia yakin bahwa tugas atau pekerjaan tersebut akan selesai dengan efektif dan efisien jika dia kerjakan sendiri.

  • Sering meremehkan hasil pekerjaan orang lain

Orang dengan control freak tidak sabar saat orang lain mengerjakan atau berusaha melakukan sesuatu. Dia melihat kesalahan orang lain sebagai kemalasan, ketidakcapakan, dan/atau kebodohan. Dia tidak menghargai proses belajar orang lain.

Dia juga beranggapan orang lain harus “berhasil” seperti dirinya, apa pun kondisinya. Dia juga punya standar tinggi terhadap diri sendiri dan orang lain.

  • Tak mengakui kesalahan

Salah satu sifat paling menjengkelkan dari orang dengan control freak adalah sulit atau tak mau mengakui kesalahannya. Ini adalah hal mendasar untuk bisa berkembang dan bersosial, tetapi orang dengan control freak lebih mudah menilai rendah orang lain dibandingkan mengakui kesalahannya sendiri.

  • Ingin jadi pusat perhatian

Orang yang punya sifat control freak selalu ingin atau suka saat menjadi pusat perhatian. Hal tersebut membuatnya lebih percaya diri dan dianggap sebagai pencapaian yang dibanggakan.

  • Sulit kerja sama

Ketika bekerja dalam tim, seseorang harus menurunkan ego. Suatu hasil tergantung dari kerja sama semua anggota dalam porsinya masing-masing.

Orang dengan control freak sulit bekerja sama dengan orang lain dalam sebuah tim karena sifatnya yang ingin selalu mengatur dan mengendalikan orang lain. Selain itu, orang dengan control freak juga tidak percaya pada orang lain dalam mengerjakan sesuatu, bahkan cenderung meremehkan.

  • Menyerang Orang Lain

Orang dengan sifat control freak merasa berkuasa dan lebih tinggi dibandingkan orang lain. Dia menganggap pendapatnya yang paling benar sehingga mudah menyalahkan atau menyerang pendapat orang lain. Dia tak mau atau tak mampu bersikap bijak dalam hubungan dengan orang lain.

Itulah tanda-tanda seseorang memiliki sifat control freak. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi