Apa Itu Sasaeng dan Mengapa Seseorang Dapat Melakukannya?

| 26 Oct 2023 15:03
Apa Itu Sasaeng dan Mengapa Seseorang Dapat Melakukannya?
Apa itu sasaeng (Instagram)

ERA.id - "Sasaeng" adalah istilah yang semakin populer dalam budaya K-pop. Tetapi apa itu sasaeng dan mengapa sering menjadi perhatian?

Melalui artikel ini, mari kita telusuri lebih dalam mengenai apa yang dimaksud dengan "sasaeng" dalam dunia K-pop dan dampaknya pada para idola dan penggemar.

Apa Itu Sasaeng?

Dilansir dari cosmo, ketika seseorang mendukung seorang idola atau aktor berubah menjadi obsesi yang tidak sehat, itulah saat seorang penggemar disebut sebagai sasaeng.

Sasaeng adalah istilah yang dapat diterjemahkan sebagai "kehidupan pribadi," dan  terobsesi dengan menginvasi privasi idola mereka. Mereka melakukan hal tersebut karena ingin diakui.

Bagi para sasaeng mengganggu privasi idola merupakan tanda kehormatan ketika mereka dikenang oleh seorang selebriti. Para sasaeng dapat dengan mudah memiliki foto dari paspor idola mereka, nomor ponsel mereka, dan bahkan nomor ponsel anggota keluarga idola mereka.

Sebagai contoh pada tahun 2020, Arci Munoz terjebak dalam kontroversi setelah ia mengunggah cerita di Instagram dengan keterangan "Restoran favorit Jin. Waaah! Mode sasaeng yang sangat." Ini merujuk pada kunjungannya ke restoran favorit Jin dari BTS.

Meskipun mungkin Arci Munoz tidak bermaksud jahat, namun netizen bereaksi karena istilah yang digunakannya bukanlah sesuatu yang boleh dianggap enteng. Ini bukanlah kata yang digunakan untuk menggambarkan perasaan cinta kepada seseorang, karena sebenarnya ini adalah masalah serius dalam industri hiburan Korea.

Beberapa mantan sasaeng akhirnya mengungkapkan alasan paling kuat mereka menguntit para idola dalam kehidupan sehari-hari, termasuk memburu alamat rumah, nomor telepon, dan rincian kehidupan pribadi di luar panggung.

Selama konser, para penggemar biasanya dapat lebih mengenal idola mereka. Beberapa dari mereka mungkin segera merencanakan acara berikutnya yang akan mereka hadiri.

Namun bagi para sasaeng, mereka akan melakukan beberapa hal ini: menghadiri konser, mengikuti mobil idola mereka, menyusup ke dalam hotel mereka, dan mencuri barang pribadi mereka.

Para sasaeng bahkan akan pergi sejauh memposting lokasi keberadaan idola mereka di akun media sosial mereka dan menjual informasi pribadi idola di internet.

Alasan Sasaeng Mencari Informasi Pribadi (X)

Alasan Mengapa Seseorang Bisa Menjadi Sasaeng?

Berikut adalah lima alasan mengapa penggemar Kpop bertransformasi menjadi sasaeng bagi idola mereka:

  1. Cari Perhatian dari Idola

Sasaeng dikenal karena aktivitas menguntit mereka, yang seringkali dilakukan untuk mencari perhatian. Beberapa di antara mereka bahkan bertindak ekstrem hanya agar idola mereka memperhatikan mereka.

  1. Alasan Sasaeng Mencari Informasi Pribadi

Beberapa sasaeng percaya bahwa informasi pribadi yang mereka dapatkan dapat dijual dan menghasilkan uang. Mereka menganggapnya sebagai tugas untuk menemukan dan menyebarkan informasi tersebut.

  1. Mendekati Idola

Sebagian penggemar sasaeng melibatkan diri dalam perilaku ini hanya untuk merasa lebih dekat dengan idola mereka. Mereka ingin tahu lebih banyak tentang kehidupan pribadi idola di luar sorotan, sehingga merasa seperti teman dekat.

  1. Keuntungan Finansial

Mengintai idola juga dapat menghasilkan uang dari penjualan data pribadi mereka. Beberapa sasaeng mendapatkan tawaran uang besar untuk mengikuti dan mengambil foto anggota idola mereka dengan kualitas tinggi.

  1. Tanpa Sadar Menjadi Sasaeng

Beberapa orang menjadi sasaeng tanpa menyadarinya. Mereka mungkin awalnya mengecam perilaku sasaeng, tetapi kemudian tanpa sadar menjadi bagian dari kelompok ini setelah terlalu terlibat dalam konten K-pop, seperti video YouTube dari idola mereka.

Selain apa itu sasaeng, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi